by

MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Bogor Resmi Dibuka

Berita Cileungsi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dengan dipukulnya Bedug oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Mimbar utama MTQ tingkat Kabupaten Bogor di Metland Transyogi, Kecamatan Cileungsi pada Minggu malam (26/09/2022), bertandakan perlombaan MTQ Ke-44 tingkat Kabupaten Bogor resmi dibuka.

Pelaksanaan perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Bogor diikuti 2.160 Kafilah dengan memperlombakan 8 cabang kategori perlombaan. Pelaksanaan dimulai dari tanggal 25 sampai dengan 28 September 2022, di Kecamatan Cileungsi yang tersebar pada 11 lokasi mimbar.

Perlombaan pembuka MTQ dimulai dengan pawai ta’aruf yang diikuti 40 kecamatan di Kabupaten bogor, yang di hadiri dan diikuti ribuan peserta pawai.

Hadir pada dalam pembukaan MTQ ke-44, Forkopimda Kabupaten Bogor, para anggota DPRD dapil 2, Ketua TP PKK, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Umum Baznas, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bogor, para habaib, kyai, alim ulama, asatidz/ustadzah, jajaran Pemkab Bogor dan seluruh Stakeholder.

Acara pembukaan tersebut diisi dengan serangkaian pertunjukan panduan suara, tarian tradisional, dan Doa’, dan juga penyerahan piala bergilir MTQ tingkat Kabupaten Bogor dari Kecamatan Cibinong yang menjadi juara umum pada tahun yang lalu.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, MTQ merupakan bagian dari misi Pemkab Bogor untuk meningkatkan kesalehan sosial di masyarakat melalui syiar Islam untuk mengajak masyarakat agar mencintai Al-Qur’an, serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilainya sebagai pedoman hidup, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ajang MTQ bukan sekedar formalitas, rutinitas, atau menang kalah dalam seni membaca Al-Quran namun sebagai syiar untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kegiatan MTQ di tengah kota ini, yakni di Metland Transyogi Cileungsi, membuktikan syiar untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya di wilayah pedesaan, melainkan di perkotaan,” ucap Iwan Setiawan kepada OLNewsindonesia.com

Selanjutnya Iwan memaparkan, kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Bogor ini sebagai awal untuk melangkah ke tingkat Provinsi Jawa Barat, tentunya bisa menjadi yang terbaik se-Jawa Barat. Kepada para camat agar memperhatikan para utusan atau perwakilan masing-masing selama mengikuti kegiatan MTQ ini, agar para peserta dan kafilah dapat memberikan yang terbaik.

“Saya berharap para dewan hakim agar melaksanakan tugasnya dengan profesional dan memberikan penilaian secara objektif dan jujur serta menjunjung tinggi sportivitas,” paparnya

Ia pun mengucapkan, selamat berlomba para peserta dan kafilah MTQ dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Bogor.

“Kami meminta, ikuti rangkaian kegiatan ini sebaik-baiknya, berkompetisi secara sehat dan raihlah prestasi agar dapat mewakili Kabupaten Bogor dalam event tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, H. Syukri Ahmad Fanani menyampaikan, hari ini sangat berbahagia karena dapat bersama-sama menghadiri kegiatan syiar ini. Semoga MTQ yang ada di Kecamatan Cileungsi ini nantinya bukan cuma sekedar perhelatan MTQ saja tapi juga kegiatan lainnya yang menyemarakkan kehidupan beragama.

“Harapan saya, penyelenggaraan MTQ ini nantinya dapat melahirkan Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah, Mufassir dan Mufassiroh, Qhotat dan Qhotatah yang benar-benar berasal dari Kabupaten Bogor,” pintanya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, semoga dengan diadakan perlombaan MTQ tingkat Kabupaten ini bisa meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Semoga para peserta ini dapat meneruskan para pendahulu kita pada jaman keemasan, yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bogor di kancah internasional pada tahun 1980-1990 an dengan meraih hasil yang gemilang,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Cileungsi, Adhi Nugraha dalam sambutan pembuka dalam pembukaan MTQ Ke-44 tingkat Kabupaten menyampaikan, bahwa satu kehormatan Kecamatan Cileungsi ditunjuk sebagai tuan rumah perlombaan MTQ Ke-44 tingkat Kabupaten Bogor.

“Kami Masyarakat kecamatan Cileungsi menyambut dengan bahagia, karena ini sejarah untuk pertama kalinya kami Kecamatan Cileungsi mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah. Bila diberikan kesempatan yang sama keseluruhan kecamatan di Kabupaten Bogor, maka sejarah ini akan terulang di empat puluh tahun mendatang datang,” ucapnya.

Kemudian beliau juga mengungkapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut andil dalam mensukseskan MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bogor.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Direksi dan Manajemen dari Metland, baik dari Metland Transyogi, Metland Cileungsi dan Apartemen Kaliana yang atas berkenan nya memberikan izin mengunakan tempat ini dalam penyelenggaraan MTQ tahun ini. Kami sampaikan pula terimakasih kepada seluruh Ketua DKM, pimpinan Sekolah, Pondok Pesantren terutama di empat Desa, yaitu Desa Cipenjo, Desa Pasirangin, Desa Cileungsi dan Desa Cileungsi Kidul tempat penyelenggara Mimbar-Mimbar dalam ajang perlombaan MTQ ini,” tutupnya.

(Deni)