Dapat Penghargaan PMI, 300 Pendonor Sukarela

BERITA, JAKARTA24 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta berikan penghargaan kepada 300 pendonor darah sukarela di Graha Marinir Jl. Prajurit KKO Usman-Harun, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12). Pendonor yang mendapatkan penghargaan telah mendonorkan darah sebanyak 75 kali.

Ketua Pengurus PMI Provinsi  DKI Jakarta, Rustam Effendi mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai wujud apresiasi kepada pendonor darah sukarela yang telah menyumbangkan darahnya untuk pasien-pasien di rumah sakit yang memerlukan darah.

“300 pendonor itu 10 diantaranya wanita, 290 orang laki-laki,” katanya.

Sedangkan dari jenis golongan darah, untuk golongan darah A sebanyak 79 orang,  golongan darah B ada 81  orang, golongan darah AB sebanyak 16 orang, dan golongan darah O sebanyak 124  orang.  

“Kebutuhan darah di Jakarta per harinya memerlukan sekitar 900 sampai 1000 kantong darah. Untuk mendapatkan darah tersebut PMI di bantu oleh masyarakat, instansi pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, TNI, Polri, komunitas, tempat ibadah dan lain-lainnya,” tuturnya.  

Dikatakan Rustam, donor darah merupakan kegiatan yang mulia karena dapat menolong sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

Dia juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kaum muda untuk berdonor. Sekaligus membantu mensosialisasikan pentingnya donor darah.

Masrum (43), salah satu pendonor yang mendapatkan penghargaan, menyampaikan dirinya rutin mendonorkan darah untuk kesehatan dan membantu sesama.

“Secara tidak langsung kita terkontrol dengan kesehatan sendiri. Karena donor datah itu membuat tubuh kita semakin sehat. Sesuai slogan Kita Sehat, Mereka Selamat,” pungkasnya.

210