by

975 Kilogram Sampah Tiap Bulan Dikumpulkan Bank Sampah Mutiara Lestari Arco

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bank Sampah Mutiara Lestari Arco yang berlokasi di Jalan Arco Raya, RT 03/01, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan mampu mengumpulkan 975 kilogram sampah anorganik dalam kurun waktu sebulan.

Pengurus Bank Sampah Mutiara Lestari Arco, Yulianti mengatakan, hingga kini, bank sampah yang dikelolanya memiliki 48 nasabah dari warga RW 01. Per bulan, masing-masing anggota mengumpulkan 80 kilogram sampah anorganik berupa kardus, kertas, besi, botol, aluminium, dan lainnya.

“Ini kita lakukan untuk membantu pemerintah mengurangi sampah dengan melakukan pemilahan di bank sampah,” ujarnya, Senin (25/7).

Yulianti menuturkan, Bank Sampah Mutiara Lestari Arco telah beroperasi sejak November 2021 lalu di halaman Kantor Sekretariat RW 01. Selain untuk mengurangi volume sampah, kehadiran bank sampah ini juga membantu warga memperoleh penghasilan tambahan.

Camat Cilandak, Djaharuddin mengapresiasi keberadaan Bank Sampah Mutiara Lestari Arco. Sebab, selain turut membantu pemerintah dalam mengurangi sampah ke TPST Bantar Gebang, bank sampah tersebut juga dinilai menggerakan perekonomian warga.

“Saya minta aparatur kelurahan dan kecamatan terus mengajak warga memilah sampah dari rumah agar volume sampah yang dibuang ke TPST Bantar Gebang berkurang,” tandasnya.

Jmy