Bupati Karo : Gurda Gurdi Icon Budaya Karo Yang Harus Di Lestarikan

Berita Karo.OLNwsindonesia,Minggu(25/11)

Ratusan masyarakat desa Barusjahe Kec Barus Jahe Kab . Karo tumpah ruah didepan kantor Camat , Sabtu (24/11) 2018) pukul 19.30 WIB , menonton pertunjukan kesenian tradisional dari warisan budaya para leluhur yang menjadi identitas suku Karo yaitu kisah Gurda Gurdi.

Pertunjukan ini diselenggarakan bermula dari kesenian tradisi yang dikelola langsung oleh Karang Taruna, kepala desa Barusjahe yang bekerjasama dengan Rumah Karya Indonesia (RKI) berkolaborasi secara optimis mengembangkan dan menjadikan seni tradisi sebagai sumber koneksitas inspirasi,kreativitas, dan pengetahuan.

Hal ini dikatakan, direktur kegiatan
Brevin Tarigan S.Pd, M.Sn, disela sela menerima kedatangan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi oleh anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting, sekaligus ucapan selamat datang dalam acara Gurda Gurdi tersebut .

Diuraikan Brevin, Gurda-Gurdi merupakan sebuah pertunjukan yang diangkat dari cerita rakyat Gundala-Gundala. Perik si Gurda-Gurdi (Burung Gurda Gurdi) merupakan burung yang sangat dekat dengan putri Raja yang diyakini merupakan jelmaan sakti dari seorang pertapa hebat, saat ditemukan di hutan, ” “kata Brevin mengutip kisah Raja Sibayak.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengatakan, sangat salut dengan masyarakat desa Barusjahe, karena begitu antusias tidak memandang usia, tua, muda,dan anak anak ikut menonton pertunjukan Gurda gurdi, bahkan pemeran sebagai burung Gurda Gurdi diperankan oleh anak anak dengan penuh semangat , ” ujarnya.

Icon seperti ini, kalau bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan, jangan hanya sekali ini saja dipertunjukkan, usahakan setiap tahun icon ini dapat ditampilkan dengan kreatif kreatif yang baru ,” sambung Terkelin.

Caranya, menurut Terkelin kepala desa bersama masyarakat duduk bersama adakan mufakat dan musyawarah, berapa cocoknya dana ADD dikeluarkan untuk icon Gurda Gurdi tersebut, selain itu Pemda Karo melalui Dinas Parawisata nanti, siap membantu dan memfasilitasi untuk kekurangan dananya, agar setiap tahun icon ini sudah menjadi tradisi desa Barusjahe, ” ungkapnya.

Ket foto : Anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting yang di dampingi Bupati Karo memberikan sambutan dalam pertunjukan Gurda Gurdi yang digelar di depan kantor Camat Barusjahe Kab Karo, Sabtu malam (24/11) 2018
Ket foto : Anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting yang di dampingi Bupati Karo memberikan sambutan dalam pertunjukan Gurda Gurdi yang digelar di depan kantor Camat Barusjahe Kab Karo, Sabtu malam (24/11) 2018

Hal senada dikatakan Thomas Joverson Ginting, terkait pertunjukan Gurda Gurdi ini, DPRD Karo juga mendukung agar setiap tahun event seperti ini sudah terjadwalkan, sebagai salah satu memperingati sejarah budaya Karo masa dulu. Cerita tadi mengangkat sisi lain dari perik si Gurda-Gurdi, di mana ada pengorbanan dan kesetiaan yang tak ternilai terhadap putri,” kata Thomas dihadapan ratusan masyarakat Barusjahe.

Lanjutnya, terkait adanya pembiayaan dana untuk dipentaskannya Gurda-Gurdi setiap tahun sebagai icon mengenang budaya sejarah, kami DPRD Karo siap berkolaborasi dengan Pemda Karo khususnya Dinas Parawisata, menampung anggaran jika memang sangat – sangat dibutuhkan dianggarkan jika dana pengelolaan di desa tidak memadai sesuai yang dikatakan Bupati tadi, ” ucap Thomas meyakinkan.

Dalam acara pertunjukan tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Thomas Joverson Ginting Anggota DPRD Karo disaksikan Danramil Barusjahe, Kapten Inf K. Ginting, Kapolsek Barusjahe, direktur kegiatan Brevin Tarigan, Kepala desa Barusjahe, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Barusjahe, memberikan secara simbolis Sertipikat kepada perwakilan 2 (dua) orang anak yang telah berhasil menampilkan tarian Gurda Gurdi yang diiringi dengan musik tradisional.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *