by

Bank DKI Bersinergi Luncurkan Aplikasi JaKios

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bank DKI dan Perumda Pasar Jaya bersinergi dengan PakeKTP meluncurkan aplikasi JaKios sebagai upaya memberi kemudahan calon pedagang yang ingin menyewa unit kios di pasar naungan Perumda Pasar Jaya.

Pasar Kramat Jati menjadi lokasi proyek percontohan (pilot project) aplikasi JaKios. Melalui aplikasi JaKios, calon pedagang bisa mendapatkan informasi ketersediaan kios, harga sewa, serta melakukan reservasi dan pembayaran.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, JaKios menjadi perwujudan digitalisasi yang tertuju kepada pelaku usaha, terutama UMKM yang berada di pasar tradisional di DKI Jakarta.

Maka itu, selain berkolaborasi dengan Perumda Pasar Jaya, Bank DKI juga menggandeng PakeKTP sebagai mitra strategis dalam rangka mendukung transformasi digital pasar tradisional.

“Aplikasi hasil kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha melalui pemanfaatan teknologi yang efisien,” ujar Amirul, Kamis (23/3).

Amirul menyampaikan, program digitalisasi pasar ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta melalui perwujudan ekosistem digital. Dia menilai, implementasi transaksi digital di pasar, selain memberikan kemudahan dan kenyamanan juga aman bagi para pedagang serta pengunjung pasar.

“Hal ini juga didorong masyarakat yang terbantu dengan pengunaan layanan transaksi non-tunai sehari-hari” ucap Amirul.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan, Pasar Kramat Jati yang menjadi proyek percontohan aplikasi JaKios juga dilakukan implementasi S.I.A.P QRIS yang merupakan program digitalisasi di lingkungan pasar yang diusung oleh Bank Indonesia (BI).

Sebagai bentuk dukungan atas program tersebut, Bank DKI mendorong implementasi ekosistem pembayaran melalui penerapan QRIS, pembayaran via mesin EDC, dan aplikasi JakOne Abank yang diharapkan dapat mendorong peningkatan inklusi keuangan.

Arie menyampaikan, melalui peluncuran aplikasi JaKios dan program digitalisasi Pasar Kramat Jati ini dapat menghadirkan manfaat kemudahan bertransaksi di pasar melalui layanan perbankan digital.

“Bank DKI akan terus memperluas penerapan digitalisasi dalam perwujudan transaksi non-tunai di wilayah DKI Jakarta melalui sinergi dan kolaborasi dengan pihak strategis. “Bank DKI berharap,” tandas Arie.

Sebagai informasi, aplikasi JaKios yang saat ini sudah dapat diakses melalui Google Playstore merupakan aplikasi untuk memudahkan calon pedagang untuk dapat menyewa kios atau Tempat Usaha (TU) yang disewakan oleh Perumda Pasar Jaya.
Melalui aplikasi JaKios, calon pedagang dapat melihat tempat usaha yang tersedia pada lokasi pasar yang diinginkan. Selain itu calon pedagang dapat melihat denah untuk memperkirakan kebutuhan maupun foto kios untuk mendapatkan informasi kondisi kios yang akan disewa. Aplikasi JaKios hadir dalam dua pilihan opsi bayar yakni melalui scan to pay QRIS Bank DKI ataupun melalui Virtual Account Bank DKI.

210