by

Tinjau Industri Nanas Di Lampung, Puan Maharani Ingatkan Sinergis Perusahaan-Petani

Berita Lampung, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengunjungi industri nanas olahan PT Great Giant Pineaple Co (GGPC) di Kabupaten Lampung Tengah, di Lampung, Rabu (24/8/2022). Dirinya mengingatkan pentingnya kerja sama antara perusahaan dengan petani plasma dan pekerja lainnya dalam sektor perkebunan.

“Hubungan antara inti (perusahaan) dengan (petani) plasma harus sinergis dan gotong royong, jangan terbatas jual beli harga pasar semata,” ucap Puan di sela-sela kunjungan. Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu disambut meriahnya karyawan perusahaan PT GGPC, anak usaha PT Great Giant Foods yang merupakan pengekspor nanas dari Indonesia terbesar di dunia dalam kemasan kaleng (canned pineapple), jus nanas dan konsentrat buah nanas sekaligus didampingi oleh Direktur Utama PT GGPC.

Selama di sana, Puan meninjau pengolahan nanas di mana perusahaan tersebut mengintegrasikan secara langsung, mulai dari perkebunan dan produksi kalengnya. Dengan demikian, nanas dapat segera diproses setelah dipanen untuk mempertahankan kandungan nutrisi dan kesegaran buahnya. Kepada manajemen perusahaan, politisi PDI-Perjuangan itu mengingatkan pentingnya menjaga keharmonisan dengan petani plasma.

PT GGPC diketahui memiliki lebih dari 10 ribu tenaga kerja termasuk yang bekerja sebagai petani di perkebunan nanas, pisang, dan jambu. Puan mengatakan hubungan yang baik antara perusahaan dan petani plasma akan membawa industri olahan nanas semakin lebih besar. Puan menyebut, kemajuan di sektor ini akan meningkatkan perekonomian Indonesia. “Hubungan inti dengan plasma di Lampung seperti di GGPC menjadi bukti bahwa Indonesia bisa berperan strategis dalam perdagangan tingkat dunia ketika kita bergotongroyong,” sebutnya.

Selanjutnya, Puan melepas truk kontainer yang akan membawa produk olahan nanas untuk diekspor ke beberapa negara Eropa dan Timur Tengah. Pelepasan ekspor olahan nanas dilakukan dengan tradisi pecah kendi. Ekspor olahan nanas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang cukup besar, bahkan mengalahkan Thailand, Filipina, dan Amerika Latin. Nilai ekspor nanas dari PT GGP sebesar kurang-lebih Rp87 miliar pada 2020 dan meningkat menjadi Rp151 miliar pada 2021.

Negara tujuan utama ekspor nanas dari Lampung adalah HongKong, Korea Selatan, Taiwan, China, Jepang, sejumlah negara dk Eropa dan Timur Tengah. Argentina juga menjadi tujuan ekspor nanas dari Lampung yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. “Hasil produk buah Indonesia jangan sampai kalah dengan asing dari segi kualitas, pengemasan, dan branding,” tandas Puan.

PT GGPC mengadopsi teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di setiap proses pengolahan nanas, seperti precision agriculture (penggunaan drone, Internet of Things) dan e-grower (petani mitra). Perusahaan juga memiliki sistem keterlacakan (traceability) yang baik karena seluruh proses (penanaman, harvesting, processing) dikelola secara terintegrasi.

210