by

Pembinaan Komunikasi Guna Pencegahan Paham Radikal DI Masyarakat

Berita Yogyakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pada saat ini, masih adanya konflik sosial masyarakat yang terjadi di wilayah sehingga mengakibatkan adanya perpecahan antar warga, dan menimbulkan ketidakharmonisan di dalam hubungan sosial di masyarakat.

Untuk menanggulangi hal tersebut maka sangat perlu bagi aparatur pemerintahan khususnya TNI AD bersama-sama dengan masyarakat daerah dari berbagai Suku, Agama dan adat untuk mengadakan kegiatan rembuk bersama guna mencari solusi bagaimana upaya agar dapat mencegah konflik sosial bilamana terjadi konflik sosial di tengah kehidupan masyarakat.

Pada hari Kamis (16/6/2022) Staf Intelijen Angkatan Darat yang diwakilkan oleh Waas Intel Kasad Bidang Manajemen Intelijen Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.I.P., M.Han. serta didampingi oleh Kolonel Inf Yudi Pranoto, S.H., M.M. melaksanakan kegiatan BINKOM (Pembinaan Komunikasi) Cegah Konflik Sosial , dengan tema” Sinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial” yang diselenggarakan di jajaran Kodam IV/DIP yaitu di Kodim 0734/Kota Yogyakarta, dihadiri oleh Forkompimda Kota Yogyakarta dan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, bertempat di Pendopo Museum Diponegoro, Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Adapun narasumber pada kegiatan BINKOM Cegah Konflik Sosial tersebut diantara lain adalah Waas Intel Kasad Bidang Manajemen Intelijen Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.I.P., M.Han dengan tema materi “WAWASAN KEBANGSAAN”. Dan Kakesbangpol Kota Yogyakarta Budi Santoso dengan tema materi “Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial” serta Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan APMD Universitas Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa Ade Candra dengan tema materi “ Sinergitas Komponen Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial.

Melalui kegiatan BINKOM (Pembinaan Komunikasi) Cegah Konflik Sosial ini, Narasumber menegaskan dan mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut juga Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.I.P., M.Han. dan Kolonel Inf Yudi Pranoto, S.H., M.M.diberi kesempatan bertemu dengan Gubernur Jogja Hamengkubuwono XI di kantor Gubernur,. Pada kesempatan tersebut Gubernur mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kasad atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Kasad oleh Waasintel Kasad kepada Gubernur.

Relhutniad