by

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab Bogor Gelar Festival Wisata Desa Dan Lomba Wisata Desa

Berita Cibinong, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pariwisata perdesaan dapat menjadi pengantar menuju pariwisata berkesinambungan yang selanjutnya dapat menuju pembangunan berkelanjutan. Dalam pariwisata perdesaan ada prinsip pembelajaran dimana masyarakat turut mendapat manfaatnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Parawisata Kabupaten Bogor, Deni Humaedi AS, S.IP, MM

Sebuah kenyataan bahwa desa – desa dengan potensi pariwisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa maupun oleh kelembagaan lain didalam desa dapat mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Untuk terus menggali potensi wisata desa di Kabupaten Bogor, dengan tema “WISATA DESA TUMBUH, KABUPATEN BOGOR TANGGUH” Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor melalui Bidang Destinasi Pariwisata, pada kegiatan “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Pariwisata Kabupaten/Kota” akan menyelenggaran FESTIVAL WISATA DESA Tahun Anggaran 2022 yang akan diawali dengan LOMBA WISATA DESA 2022.

Banner Event Dinas Budpar Kab Bogor

Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali potensi wisata desa berupa, obyek dan daya Tarik wisata, tata hidup keseharian masyarakat desa, adat istiadat, seni budaya, dan sumber daya manusianya untuk diberdayakan menjadi asset desa yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, meningkatkan tingkat kepercayaan diri, dan menambah atraksi wisata serta bernilai ekonomi.
Target Sasaran dari kegiatan ini adalah Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Bogor yang mempunyai potensi wisata dan dikelola oleh masyarakt desa itu sendiri.

Kegiatan ini berupa seleksi desa yang mempunyai potensi wisata, untuk dicari 15 desa dengan potensi dan pengelolaan wisata terbaik dengan 3 kategori (rintisan, berkembang, dan maju)

Waktu Pelaksanaan Kegiatan ini dimulai dari tanggal 16 September sampai dengan 3 November 2022.

Sebagai dewan juri adalah :

  • Lia Afriza, SE., MM Dosen STIPAR YAPARI Bandung
  • Asep Syaiful Bahri, SP., M.Si., M.Par Dosen Universitas Agung Podomoro Jakarta
  • Drs. Sudiyono, MM Dosen Sekolah Vokasi Universitas Djuanda

Tersedia hadiah dengan total 1.275.000.000 untuk 15 pemenang yang dibagi menjadi 3 kategori.

Joner