Aplikasi Pemasaran Digital Dikembangkan Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu

BERITA, JAKARTA11 Views

Berita Kepulauan Seribu, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu mengembangkan aplikasi pemasaran digital berbasis website pasar1000.com.

Melalui website tersebut akan memudahkan promosi serta aktivitas jual beli bagi para Jakpreneur binaan di Kepulauan Seribu.

Kepala Sudin PPKUKM Kepulauan Seribu, Bangun Richard mengatakan, aplikasi tersebut merupakan galeri virtual yang memasarkan produk UMKM dan bisa diakses menggunakan barcode yang diletakan di tempat-tempat strategis di Pulau Tidung seperti homestay atau tempat penginapan lainnya.

Dikatakan Bangun, aplikasi ini merupakan suatu terobosan baru di Kepulauan Seribu yang membuka jalan bagi pelaku UMKM bekerja sama dengan pelaku homestay.

Aplikasi berbasis website ini juga sebagai proyek percontohan dalam mendorong para pelaku UMKM yang tergabung dalam Jakpreneur untuk lebih aktif untuk promosi dan bertransaksi secara online.

“Ini sebagai upaya peningkatan pemasaran produk UMKM binaan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu,” ujar Bangun, Jumat (22/12).

Dijelaskan Richard, keberadaan barcode di homestay sebagai upaya mendekatkan pemasaran produk ke wisatawan, sehingga para wisatawan yang berkunjung dan menginap di homestay dapat dengan mudah mengakses oleh-oleh khas Pulau Tidung tanpa perlu bersusah payah mencari lokasi penjualan.

Secara teknis, sambung Bangun, warga bisa mengakses galeri virtual melalui scan barcode yang sudah ditempel di tempat menginap. Atau juga bisa mengakses melalui https://pasar1000.com atau melalui link barcode https://drive.google.com/file/d/1FM-HpIxiGxZjW4Wp1ZsFrOCCoCSX4taG/view?usp=sharing.

“Sistem pembayaran juga lebih praktis. Cukup bayar atau transfer dan barang akan diantar ke homestay,” tandasnya.

210