Keluhan Warga Pengungsi Direspon Anggota DPRD Karo, Komisi A Kunker Ke Dinas PKP Provsu

Berita Karo.OLNewsindonesia.Rabu(24/06)

Komisi A DPRD Kabupaten Karo gelar Kunker (Kunjungan Kerja) ke Dinas PKP (Perumahan dan Kawasan Permukiman) Provinsi Sumatera Utara yang berada di jalan AH, Nasution Medan (18/06) 2020 kemarin , Rombongan Komisi A yang diketuai oleh Inolia Ginting dengan anggota Onasis Sitepu , Edi ulina Ginting, Nora Else , Herty Delima Purba, Sipken Ginting, Jani Sembiring , Dody Sinuhaji , Malona Matondang dan Purnama Sagala ini, ingin mengetahui dan meminta saran tentang Relokasi Rumah korban bencana alam Erupsi Gunung Sinabung.

Kunjungan kerja tersebut langsung disambut oleh Hadasa Manurung, ST Kabid PSU, Kabid Kawasan Permukiman, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Sumut. Sedangkan Kadis yang saat ini sedang Dinas luar ataupun lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dairi sehingga pertemuan tersebut di wakili oleh Kasubbag Program dan Kasi Kawasan Permukiman.

Yang mang kehadiran Anggota DPRD Kabupaten Karo dari Komisi A ini ingin meminta petunjuk dan bantuan dari Dinas PKP Provsu untuk membantu tambahan Relokasi Rumah untuk korban Bencana Alam Erupsi Gunung Sinabung sebagai kelanjutan Relokasi Mandiri Tahap II yang baru terdata saat ini. Pola yang diharapkan untuk 169 KK Pengungsi yang belum memiliki rumah adalah dengan dibangunkan langsung oleh pemerintah. Tambahan kebutuhan rumah ini telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati tentang Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bencana Alam Erupsi Gunung Sinabung, “kata Edi Ulina saat di konfirmasi, Rabu (24/06) 2020.

Ket foto : Disela sela Kunker, Rombongan Komisi A DPRD Karo memberikan Plakat kepada Perwakilan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara di Medan beberapa waktu lalu (ist)
Ket foto : Disela sela Kunker, Rombongan Komisi A DPRD Karo memberikan Plakat kepada Perwakilan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara di Medan beberapa waktu lalu (ist)

Hadasa Manurung menjelaskan jika ingin mendapatkan bantuan dari Pemprovsu atau APBN Kabupaten Karo bisa dimulai dari membuat proposal ke Pemprovsu atau APBN, kemudian Kab. Karo juga harus sudah melakukan pematangan lahan untuk Rumah relokasi korban bencana Gunung Sinabung. Realisasi proposal yang disampaikan belum dapat dipastikan karena keterbatasan anggaran di pusat dan daerah yang saat ini sedang fokus dalam penanganan Covid-19, “papar Hasada menjelaskan kala itu.

Disela sela pertemuan sebelum ditutup Anggota DPRD Karo menyerahkan plakat dan cinderamata berupa kain Ulos dan disaat itu wakil ketua komisi A Onasis Sitepu kembali menegaskan kesiapan mengawal penyiapan proposal oleh pemerintah kabupaten Karo.Kami sangat mengharapkan agar pembangunan Rumah Pengungsi Sinabung ini dapat segera terealisasi, “ucapnya penuh harap.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *