Pj Gubernur Dinilai Terapkan Solusi Nyata Atasi Polusi Udara Di Jakarta

BERITA, JAKARTA31 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Ketua Umum Pemuda Cinta Tanah Air (PITA), Ervan Purwanto mengapresiasi upaya nyata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam menghadapi permasalahan polusi udara di Jakarta.

“Kami mengapresiasi kepemimpinan Heru yang baru delapan bulan dengan berbagai upaya nyata dan mendasar menghadapi masalah polusi udara di antaranya penanaman pohon, optimalisasi Ruang Terbuka Hijau (RTH), pemanfaatan kendaraan listrik pada transportasi publik, bahkan peningkatan uji emisi kendaraan,” ujar Ervan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6).

Menurut Ervan, problem penurunan kualitas udara Jakarta bukan hal baru yang dihadapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Bahkan, sudah terjadi sejak periode jauh sebelum Heru mengemban tugas Penjabat Gubernur.

Dikatakan Ervan, berbagai langkah nyata yang telah dilakukan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melalui pengetatan sejumlah kebijakan di sektor transportasi yakni uji emisi gas karbon, ganjil genap dan sebagainya.

“Pj Gubernur sudah melakukan dengan serius dan penuh tanggung jawab. Tinggal bagaimana political will didukung oleh semua pihak terutama pemangku dan pelaksana kebijakan,” jelasnya.

Selain itu, kata Ervan, tanggung jawab mengatasi pencemaran udara itu pun ada pada setiap individu maupun kelompok usaha yang memberikan dampak cukup besar, di antaranya sektor industri dan lain-lain.

“Kuncinya ada pada kesadaran bersama. Ketika pemerintah menerbitkan regulasi, maka objeknya yakni kita sebagai masyarakat merasa perlu atau tidak terhadap udara bersih ini. Kalau perlu, mulai disiplinkan diri sendiri, di samping perangkat penegakan hukum pun harus jalan,” jelasnya.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya serius membenahi polusi udara Jakarta. Ia menyebut akan mendorong realisasi peralihan kendaraan bahan bakar alternatif.

Heru juga mengakui bahwa masalah polusi udara di DKI Jakarta merupakan tantangan besar bagi pemerintah provinsi. Ia menyebut Pemprov DKI Jakarta akan banyak berbenah.

“Ya itu memang tantangan Pemprov DKI terkait polusi udara, maka Pemprov DKI terus berbenah, harus menambah RTH (Ruang Terbuka Hijau), kita semua menanam pohon,” tandasnya.

210