Walikota Jakarta Barat Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Membangun Fondasi Bangsa

BERITA, JAKARTA77 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Pemerintahan Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (22/12).

Momen ini menjadi pengingat akan pentingnya peran perempuan dalam membangun fondasi bangsa.

“Kita mengenang Hari Ibu ke-94, seraya mengenang betapa agung dan mulianya peran para perempuan dalam membangun fondasi bangsa ini,” ujar Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, selaku Inspektur Upacara saat membacakan sambutan.

Hari Ibu juga dinyatakan sebagai momen untuk mengingat betapa perempuan Indonesia telah turut berjuang mewujudkan kemerdekaan dengan semangat pergerakan yang setara dan berkeadilan.

Yani melanjutkan, Bangsa Indonesia dibangun dengan fondasi perjuangan para perempuan yang tak pernah lekang semangatnya untuk mencapai sebuah kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus.

Ia mengatakan, banyak pejuang perempuan yang menjadi inspirasi bangsa Indonesia hingga saat ini, seperti Raden Ajeng Kartini, Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Fatmawati, Nyi Ageng Serang, Marta Christina Tiahahu, Rasuna Said, Laksamana Malahayati, dan masih banyak lagi.

Salah satu titik penting pergerakan perjuangan para perempuan di masa perang kemerdekaan adalah pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia pertama pada 22 sampai dengan 25 Desember 1928 di Yogyakarta. Di masa sekarang, hal itu mengingatkan bahwa ruang untuk berkontribusi adalah milik bersama.

“Keyakinan ini tentunya sangat esensial bagi kemajuan Indonesia karena perempuan memiliki hampir setengah dari populasi Indonesia. Maka kemajuan perempuan serta partisipasi perempuan dalam pembangunan akan menentukan pula kemajuan Indonesia,” katanya.

Melalui peringatan Hari Ibu, pemerintah mengajak masyarakat mengingat akan pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa. Di era kekinian, peringatan Hari Ibu diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama mepanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan,” tandasnya.

210