Sudin LH Jakpus Tambah 30 Bank Sampah Tahun Ini

BERITA, JAKARTA75 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat menargetkan akan menambah 30 bank sampah di wilayahnya tahun ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas LH Jakarta Pusat, Edy Mulyanto mengatakan, penambahan bank sampah ini mengikuti Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Dalam Lingkup RW.

“Target tahun ini ada 30 bank sampah di tingkat RW terbentuk,” ujarnya, Selasa (21/2).

Edy menuturkan, saat ini pihaknya melalui para penyuluh dan kepala satuan pelaksana (kasatpel) LH kecamatan tengah berupaya mengedukasi RW yang belum memiliki bank sampah.

Bank sampah tingkat RW harus dapat memberikan edukasi dan mensosialisasikan kepada warga sekitar mengenai pengelolaan sampah yang dapat menghasilkan ekonomi tambahan bagi warga.

“Jumlah sampah di DKI mencapai 7.500 ton per hari. Dari jumlah itu, 884 ton sampah di antaranya berasal dari Jakarta Pusat,” terang Edy.

Menurut Edy, hingga akhir 2022, tercatat ada 361 bank sampah dan satu bank sampah di Jakarta Pusat dengan total nasabah mencapai 9.777 warga.

“361 bank sampah berhasil menyetorkan sekitar 229.958 kilogram sampah pilah ke bank sampah induk per bulan. Jumlah ini diharapkan terus bertambah,” tandasnya.

210