by

Kapolres Karo Bertindak Jadi Inspektur Upacara Ziarah Peringatan Harkitnas

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Forkopimda Kabupaten Karo, menggelar upacara ziarah dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, di Makam Pahlawan Kabanjahe, Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (22/05. 2023). Sebelum ziarah, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini terlebih dahulu dilakukan dengan upacara bendera di Halaman Apel Kantor Bupati Karo, di Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe.

Upacara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, bertindak langsung menjadi Inspektur Upacara. Pejabat Polres Tanah Karo lainnya juga berperan pada upacara ini, dimana AKP Enda Tarigan bertindak sebagai Komandan Upacara, serta Ipda Candra Sipahutar sebagai Perwira Upacara.

Pada upacara ziarah tersebut, setelah menerima laporan dari Komandan Upacara selanjutnya Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, memimpin pasukan memberikan penghormatan kepada arwah para Pahlawan. Kemudian, prosesi dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan, dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga.

Setelah mendoakan arwah para Pahlawan, Komandan Upacara memberikan laporan terakhir dan dilanjutkan dengan pemberian penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan. Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan prosesi menaburkan bunga ke makam-makam para pahlawan oleh seluruh Forkopimda dan peserta upacara.

Dalam amanatnya, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, mengajak kepada seluruh peserta upacara agar kiranya tidak melupakan jasa-jasa para Pahlawan. Karena, adanya masyarakat seperti saat ini tak terlepas dari perjuangan para pahlawan hingga bisa memerdekakan Indonesia.

“Mari sama-sama kita kenang jasa para Pahlawan kita, dan khusus di Hari Kebangkitan Nasional sekarang saatnya kita yang berjuang untuk membangun Indonesia lebih bangkit lagi,” Kata Kapolres.

Pada upacara ini, turut dihadiri oleh Bupati Karo Cory Sriwaty br Sebayang, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Ketua PN Kabanjahe Nasri, dan Wakil II DPRD Kabupaten Karo David Kristian Sitepu. Pukul 09.40 WIB rangkaian upacara telah selesai dilaksanakan, selama berlangsung situasi aman serta khitmat.

(David)