Dinas LH Kerahkan 1.760 Personel, Antisipasi Sampah Saat Natal

BERITA, JAKARTA12 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, akan mengerahkan 1.760 personel untuk menjaga kebersihan gereja-gereja saat perayaan Natal nanti. Hal ini untuk antisipasi tejadinya penumpukan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana dan armada penanganan sampah pada tiap satpel kecamatan. Minimal 40 personel diterjunkan di setiap kecamatan.

“Saya telah instruksikan satpel menjaga kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing. Meskipun, hari libur mereka tetap bekerja seperti biasa,” kata Asep, Rabu (21/12).

Selain personel,lanjut Asep, pihaknya juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda.

“Armada ini kita kerahkan di gereja-gereja besar dan ramai jemaatnya seperti, Gereja Katedral, Emanuel, Gereja Ayam, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu, Gereja Theresia dan Gereja Tiberias Indonesia,” paparnya.

Asep menambahkan, selain penanganan kebersihan gereja pihaknya juga menyiagakan personel di lokasi wisata seperti kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

“Walaupun tempat-tempat wisata tersebut ada pengelolanya, penanganan kebersihannya kita backup untuk menjamin kualitas layanan yang dirasakan warga,” terangnya.

Pada beberapa tempat wisata dan pusat keramaian, kata Asep, pihaknya juga menyediakan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, dust bin, serta petugas gerobak motor yang setiap dua jam sekali melakukan penyisiran sampah.

“Untuk memberikan pelayanan yang optimal, kami membuka kanal-kanal dan hotline pengaduan penanganan sampah. Selain melalui CRM di Aplikasi JAKI, masyarakat juga bisa menyampaikan melalui sosial media ,” tutupnya.

210