by

Sambil Nostalgia, Pengunjung Lebaran Betawi Dihibur Layar Tancap

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Perhelatan Lebaran Betawi tahun 2023 yang dipusatkan di kawasan Selatan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5), berhasil menghibur para pengunjung yang datang. Sejak siang hingga malam hari suguhan atraksi hiburan dan kesenian yang ditampilkan membuat warga terkesan. Bahkan, tak sedikit pengunjung yang ikut merasakan nostalgia menikmati suguhan yang ditampilkan.

Seperti dirasakan Sukwandi (56), yang datang bersama keluarganya. Warga yang tinggal di Cijantung, Jakarta Timur ini mengaku sangat terhibur saat mengetahui di lokasi acara terdapat pertunjukan Layar Tancap.

“Begitu ada layar tancap saya dan keluarga langsung nimbrung ikut menonton hitung-hitung bernostalgia mengingat masa muda,” ujar Sukwandi dengan logat khas Betawinya, kepada beritajakarta.id, Sabtu (20/5) malam.

Sukwandi bersama ratusan pengunjung lainnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa rela duduk ngedeprok tanpa alas menikmati film-film yang diputar sejak pukul 19.30 WIB.

Lain halnya dengan Ririn (15), pengunjung asal Depok, Jawa Barat yang mengaku sebelumnya tidak pernah menonton film Layar Tancap. Namun, begitu menyaksikan film Layar Tancap yang diputar pada acara Lebaran Betawi ini, ia mengaku terkesan dengan pengalaman pertamanya tersebut.

“Saya baru kali ini menonton Layar Tancap. Ternyata seru juga nonton film di ruangan terbuka dan bisa teriak-teriak bersama penonton lainnya. Jadinya seru ya,” ungkapnya.

Sementara itu, Amir Mahmud, operator Layar Tancap menuturkan, pemutaran film dimulai pukul 19.30 dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Adapun judul film yang diputar malam ini yaitu, “Si Buta Lawan Jaka Sembung”, “Si Gobang”, “Melacak Tapak Harimau”, dan “Bang Somad”.

Amir yang juga karyawan PT Adi Film dan berdomisili di Pancoran Mas Depok mengapresiasi penyelenggara Lebaran Betawi yang telah mengenalkan Layar Tancap kepada para pengunjung.

“Di Jakarta sendiri memang sudah susah ditemui pertunjukan Layar Tancap. Tapi kalau di daerah perbatasan dengan Jakarta, seperti Depok, Pamulang, Sawangan, dan Parung, kami masih sering mendapatkan order untuk pertunjukan Layar Tancap,” tandasnya.

210