KPw BI DKI Jakarta Adakan Pekan QRIS Nasional Di Lippo Mall Puri

BERITA, JAKARTA28 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggelar Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023 di Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat.

Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, PQN menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan awareness terhadap QRIS yang semakin memudahkan berbagai transaksi secara non-tunai atau cashless.

“Pekan QRIS Nasional 2023 diselenggarakan serentak oleh 46 Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia dari 14-20 Agustus 2023,” ujarnya, saat peresmian penggunaan QRIS di Lippo Mall Puri sekaligus menutup Pekan QRIS Nasional 2023 di Jakarta, Minggu (20/8).

Menurutnya, acara ini diisi dengan sosialisasi dan edukasi QRIS, onboarding user dan merchant QRIS, showcase QRIS, hiburan hingga perlombaan.

“Kami ikut menyemarakkan PQN Tahun 2023 dengan mengusung tagline Nyook Pake QRIS,” bebernya.

Ia menambahkan, beragam kegiatan yang diadakan dalam PQN Tahun 2023 yakni, Festival Kuliner Nusantara di Lippo Mall Puri, QRIS Experience di PIK Pantjoran, Showcase dan QRIS Experience digitalisasi integrasi moda transportasi Jakarta pada penyelenggaraan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023.

“Ada juga pencanangan QRIS di pusat-pusat perbelanjaan,” ucapnya.

Arlyana menjelaskan, sinergi dan kolaborasi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi serta menjaga pengendalian inflasi di DKI Jakarta sangat penting dilakukan.

“Upaya yang dilakukan antara lain, menjaga stabilitas harga, mendorong kinerja investasi, meningkatkan digitalisasi UMKM dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah,” terangnya.

Tidak kalah penting, imbuhnya, perlu akselerasi integrasi ekonomi keuangan digital dan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui implementasi program Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

“Penyelenggaraan event-event yang masif di DKI Jakarta seperti PQN 2023 dan peluncuran fitur QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai) yang berpotensi meningkatkan pemahaman masyarakat, jumlah pengguna dan jumlah transaksi QRIS di DKI Jakarta juga dilakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Barat, Imron Syahrin menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat mendukung QRIS sebagai kanal pembayaran bagi pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui program Jakpreneur.

“Sejak awal 2023 hingga saat ini telah terselenggara 58 kegiatan bazar dengan total 1.826 peserta yang menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran,” kata Imron.

Pemkot Jakarta Barat, lanjut Imron, mengapresiasi prakarsa Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Pekan QRIS Nasional 2023 di DKI Jakarta dan pencanangan QRIS di Lippo Mall Puri.

“Program ini diharapkan mampu mendorong UMK ke ekosistem digital. Metode pembayaran QRIS akan memberikan kemudahan pencatatan keuangan hingga tidak perlu menyiapkan uang kembalian, banyak manfaat,” tandasnya.

210