by

Keliling Sekolah, Pj Gubernur DKI Imbau Siswa Tingkatkan Budaya Literasi Dan Tangkal Hoaks

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjadi pembina upacara di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 71, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (20/2).

Kedatangan Pj Gubernur Heru ini menjadi pembuka rangkaian kegiatan keliling ke sejumlah sekolah di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau para siswa terus meningkatkan budaya literasi dan tidak menyebarluaskan berita atau informasi hoaks.

“Saya hadir di sini dalam rangka keliling sekolah, termasuk juga nanti ke berbagai SMA, SMP dan SD. Hari ini, SMAN 71 adalah yang pertama. Artinya, saya ingin memberi semangat kepada para siswa agar selalu meningkatkan prestasinya. Untuk SMAN 71 saat ini prestasinya se-DKI adalah peringkat ke-18. Bisa naik atau tidaknya peringkat itu adalah hasil kerja keras bersama-sama Bapak/Ibu guru, kepala sekolah dan para siswa,” ungkap Pj Gubernur Heru, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Heru mengingatkan, kemudahan dalam mengakses informasi dan berita harus disikapi dengan bijak. Ke depan, tantangan yang dihadapi para siswa akan lebih banyak, di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi yang membuat berita atau informasi hoaks dapat mudah diakses. Karena itu, ia mengajak para siswa untuk memikirkan terlebih dahulu kebenaran, dampak dan manfaat, sebelum menyebarluaskan informasi atau berita tersebut.

Pj Gubernur Heru turut mengimbau agar para siswa dapat menggunakan waktu luang dengan membaca banyak buku, berorganisasi di sekolah, dan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dengan budaya literasi seperti membaca, prestasi akan meningkat. Dengan rajin membaca, ilmu pengetahuan bertambah, sehingga bisa menangkal hoaks. Selain itu, Pj Gubernur Heru berpesan agar para siswa memperkuat rasa tenggang rasa kepada sesama.

“Semakin gampang akses, artinya semakin kita harus waspada. Jika ada waktu luang, tolong bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif. Akses untuk menambah ilmu itu sudah mudah, sehari satu jam saja belajar ilmu-ilmu yang di luar dari yang diajarkan oleh guru-guru. Kemudian, saya minta juga siswa-siswi terus menjaga tata krama, menjaga aturan sekolah, hormati guru, tenggang rasa harus ada di tiap hati kita,” terang Pj Gubernur Heru.

Pj Gubernur Heru berpesan kepada para guru untuk tetap semangat memberikan ilmu, nasihat dan pandangan yang terbaik kepada para peserta didik.

“Selamat belajar dan berprestasi,” tutup Pj Gubernur Heru.

Usai kegiatan upacara, Pj Gubernur Heru melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, yang tepat berada di depan SMAN 71.

Dalam sidak tersebut, Pj Gubernur Heru didampingi Camat Duren Sawit, Musa Syafrudin; Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Surnesi Handayani, dan Kepala SMAN 71, Acep Mahmudin.

210