Kamar Operasi RSUD Kepulauan Seribu Siap Layani Warga

BERITA, JAKARTA142 Views

Berita Kepulauan Seribu, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara telah menyelesaikan revitalisasi kamar operasi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan warga yang bermukim di wilayah Kepulauan Seribu.

Direktur RSUD Kepulauan Seribu, Agus Hariyanto Saroso mengatakan, revitalisasi kamar operasi ini membutuhkan waktu kurang lebih enam bulan sejak Juni 2022. Pada Januari 2023, kamar operasi dengan luas 157 meter persegi ini telah berfungsi kembali.

“Kamar operasi RSUD Kepulauan Seribu saat ini sudah dapat difungsikan,” katanya, Senin (20/2).

Agus menuturkan, pada Januari 2023 lalu sudah ada ibu hamil yang melakukan operasi caesar. Kemudian di akhir Februari dan Maret 2023 telah dijadwalkan akan ada lima warga yang menjalani operasi caesar.

“Pasien operasi ini ada yang dari Pulau Panggang, Pulau Kelapa, bahkan Pulau Tidung,” terangnya.

Menurut Agus, saat ini RSUD Kepulauan Seribu baru bisa melaksanakan operasi terencana atau belum dapat melakukan operasi darurat. Hal ini terjadi dikarenakan adanya keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya manusia, terutama tenaga ahli.

“Kamar operasi ini tidak hanya untuk operasi caesar, tapi dapat melayani operasi bedah lainnya,” ungkapnya.

Agus berharap, setelah berfungsinya kamar operasi ini, angka rujukan pasien ke daratan Jakarta dapat ditekan. Selain itu dapat meningkatkan kebutuhan dan fasilitas pelayanan kesehatan pasien agar semakin berkualitas, cepat, aman dan nyaman.

“Ke depan, pelayanan RSUD Kepulauan Seribu akan terus kami tingkatkan, baik kuantitas dan kualitasnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

210