Dinas Gulkarmat DKI Operasikan Kembali Klinik Pratama

BERITA, JAKARTA14 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan melalui Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP) meresmikan beroperasinya kembali Klinik Pratama, di kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Jalan KH Zainul Arifin, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (20/1).

Sebelumnya, Klinik Pratama telah beroperasi namun terputus saat gedung Dinas Gulkarmat DKI Jakarta direhab total.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan kesehatan pegawai dengan membuka kembali layanan klinik Pratama di gedung pemadam kebakaran.

“Sebab, tugas pokok petugas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta yakni melakukan pemadaman kebakaran dan penyelamatan sehingga dibutuhkan stamina dan fisik yang sehat,” ujar Satriadi Gunawan.

Ia mengungkapkan, pihaknya memiliki sekitar 4.000 personel yang bertugas selama 24 jam sehingga memiliki risiko tinggi penurunan kesehatan. Sebagian besar di antaranya kerap menghisap asap pekat saat bertugas memadamkan api.

“Untuk itu, kami ingin mendorong Medical Check Up (MCU) dan menyediakan dokter spesialis olahraga untuk mendorong pola hidup sehat,” ungkapnya.

Dikatakan Satriadi, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta juga memiliki sebanyak 139 pos yang tersebar di lima wilayah kota administrasi dan satu kabupaten di Kepulauan Seribu.

Personel yang bertugas di ratusan pos juga harus dipastikan dalam keadaan sehat. Atas dasar itu pula, Dinas Gulkarmat akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk merekomendasikan alat apa saja yang diperlukan bagi petugas Gulkarmat melakukan MCU secara mandiri di tiap pos.

“Jangan sampai ada petugas Gulkarmat yang piket dalam kondisi tidak sehat. Sebab itu, berdampak pada dirinya, teman dan masyarakat yang diberikan pelayanan. Jangan sampai kita mau menolong malah ditolong,” ucapnya.

Sementara Plt Kepala UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Winarto berharap dapat memberikan layanan kesehatan seoptimal mungkin dengan akses kesehatan yang memadai.

“Kami berharap ini bisa bermanfaat dan terus memperbaiki pelayanan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Klinik Pratama di gedung Dinas Gulkarmat DKI Jakarta diperuntukkan bagi pegawai ASN dan PJLP untuk mendapatkan atau mengakses seluruh fasilitas Klinik Pratama yang telah terdaftar kepesertannya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Sementara, layanan kesehatan yang tersedia yakni berobat umum, gigi, dan medical check up. Jika dibutuhkan pengobatan lebih lanjut, FKTP Dinas Gulkarmat DKI Jakarta akan memberikan rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Klinik Pratama Dinas Gulkarmat DKI beroperasi setiap hari Selasa sampai Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan pada hari Jumat pukul 08.00-16.30 WIB. Setiap harinya terdapat satu orang dokter dan perawat yang berjaga di klinik tersebut.

Selain itu, satu unit ambulans serta petugas medis Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) selalu dalam posisi siaga jika ada kondisi gawat darurat.

210