by

Sri Mulyani Ungkap Belanja Negara Terserap 61,6 Persen Per September

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Belanja negara telah terserap Rp1.913,9 triliun hingga September 2022, atau 61,6 persen dari target tahun ini sebesar Rp3.106,4 triliun dan mampu tumbuh 5,9 persen (yoy) dari Rp1.806,9 triliun, ungkap Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pada keterangan pers di kanal Youtoube APBN KiTa daring, Jumat, 21 Oktober 2022.

“Kinerja yang baik dengan kemampuan kita menjaga dari sisi guncangan global yang ada tak terlepas dari APBN yang memberikan peran sangat positif,” ungkapnya dalam Konferensi Pers APBN KiTA di Jakarta, Jumat.

Secara rinci, belanja negara terdiri atas belanja Kementerian/Lembaga (K/L) yang mencapai Rp674,4 triliun atau terserap 71,3 persen dari target APBN.

Realisasi itu dimanfaatkan untuk penyaluran berbagai bantuan sosial, program PEN ke masyarakat, pengadaan peralatan atau mesin, jalan, jaringan irigasi termasuk belanja pegawai yakni THR an gaji ke-13 dan kegiatan operasional K/L. Kemudian belanja non K/L terealisasi sebesar Rp686,8 triliun atau baru terserap 50,7 persen dari target yang disalurkan untuk subsidi, kompensasi bahan bakar minyak (BBM) dan listrik serta pembayaran pensiun serta jaminan kesehatan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sementara itu transfer ke daerah (TKD) telah terealisasi Rp552,6 triliun atau 68,7 persen dari target dan mayoritas jenis TKD mengalami kenaikan kinerja penyaluran seiring kepatuhan pemerintah daerah yang lebih baik.

210