by

Pj Gubernur DKI & Gubernur Jawa Barat Sepakat Perkuat Sinergisitas

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, secara resmi menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/12) sore. Turut hadir dalam pertemuan ini, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris.

Selain bersilaturahmi, Pj Gubernur Heru bersama Ridwan Kamil juga berdiskusi dan membahas sejumlah program kerja sama strategis antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemprov Jawa Barat. Di antaraya, program kerja strategis terkait pengendalian banjir, pemenuhan kebutuhan air bersi, kependudukan, BUMD dan sebagainya.

“Terima kasih atas kunjungan sahabat saya. Saya kenal Beliau sejak menjabat Wali Kota Bandung. Hari ini bertemu lagi di sini. Kami sesama Pemerintah Daerah saling bekerja sama, dan terima kasih juga sudah banyak dibantu untuk pemenuhan air bersih dan lainnya,” ungkap Heru, saat memberikan keterangan pers.

Pj Gubernur pun berharap, hubungan Pemprov DKI Jakarta dengan Jawa Barat dapat terus terbina dengan baik, selaras dan harmonis. Sehingga dapat terus saling mendukung dan melengkapi keberlangsungan pembangunan pada masing-masing provinsi.

“Banyak yang kita diskusikan supaya sinergi kita bisa lebih ditingkatkan dengan baik. Ide beliau apa, ide kami apa, kita satukan,” terangnya.

Sementara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat Pj Gubernur Heru beserta jajaran dalam kunjungannya kali ini.

“Sudah lama sebenarnya (ingin silaturahmi). Saya menghaturkan selamat secara pribadi, kalau secara lisan sudah, namun baru bisa bertemu sekarang, juga mendoakan Pak Heru bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, membawa Jakarta lebih baik dan lancar. Itu utamanya,” ucapnya.

Dia juga mengapresiasi sinergisitas yang telah terbina dengan baik dan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta untuk Jawa Barat. Ia menjelaskan bahwa dalam pertemuan ini dibahas juga sejumlah permasalahan di daerah perbatasan Jakarta dam Jawa Barat, atau daerah penyangga Jakarta; di antaranya Depok, Bekasi dan Bogor. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat bersama DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan sinergi guna mengantisipasi permasalahan tersebut.

“(Kami juga membahas) permasalahan di perbatasan. Kami sinkronisasikan, contoh urusan Banjir Jakarta, sebagian (aliran) banjirnya dari Jawa Barat. Sehingga ada dukungan dari APBD DKI untuk Depok, Bogor, Bekasi yang menjadi sumber aliran air (banjir) itu. Terima kasih karena ada bantuan keuangan dari APBD DKI mengatasi permasalahan itu, (antara lain) untuk memperbaiki danau/sungai (dan lainnya). Sehingga (aliran air) ke Jakarta bisa lebih aman (terkendali),” jelasnya.

Senada dengan Pj Gubernur Heru, Ridwan Kamil pun berharap komunikasi dan hubungan baik antar kedua provinsi terus terjalin baik dengan saling memahami, membantu dan saling mendukung.

“NKRI ini dikelola dengan saling membantu saling membutuhkan. Nah jadi wajar kalau ada kesepahaman agar hidup berdampingan ini menjadi maslahat dan kebaikan. Intinya ini contoh ya, bahwa hubungan antar daerah itu harus saling memahami dan dukung. Nanti Pak Heru gantian saya undang ke Bandung, biar piknik juga,” tutupnya.

210