by

Kadis Koperasi Karo Apresiasi Paguyuban SRC Untuk Genjot Daya Saing UKM

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) hadir di Kabupaten Karo untuk menggenjot dan menggerakkan serta memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Kabupaten Karo tersebut dengan melakukan pembinaan kepada masing-masing anggota di Gedung Kesenian Taman Mejuah-juah Berastagi, Kamis (21/07.2022).

Manager Paguyuban SRC, Tumpal Siregar yang membawahi meliputi 8 (delapan) Kabupaten di Sumut mengatakan Sampoerna Retail Community (SRC) merupakan program pemberdayaan UKM oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna).

Pada saat ini, katanya, SRC Sumatera Utara telah memiliki lebih dari 15.000 anggota yang tergabung dalam beberapa Paguyuban. Sedangkan SRC di seluruh Indonesia kini beranggotakan lebih dari 160.000 toko kelontong,” terangnya.

Ia menambahkan melalui SRC, Sampoerna memberikan dukungan non-moneter berupa pelatihan manajemen toko, pengembangan bisnis, infrastruktur berbasis digital hingga perluasan jaringan sosial melalui komunitas paguyuban.

“Program pembinaan UKM terintegrasi yang kami jalankan melalui SRC bertujuan untuk meningkatkan daya saing toko kelontong dengan menumbuhkan semangat kewirausahaan kepada pemilik toko kelontong sebagai pelaku UKM, melalui dukungan secara berkelanjutan mulai dari pemberdayaan hingga pembangunan kapabilitas UKM,” ujar Tumpal Siregar.

Bupati Karo Cory S Sebayang melalui Kadis Ketenagakerjaan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Ir Adison Sebayang, MM mengungkapkan apresiasinya terhadap langkah yang telah dilakukan Paguyuban SRC di Karo untuk memberdayakan warung-warung masyarakat agar bersaing dengan retail-retail maka diperlukan pembinaan yaitu dengan melakukan moderenisasi, mulai dari pembinaan kepada pemilik toko,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pembicara dalam acara itu, Yohana Dewi Anggur mengatakan program pembinaan UKM terintegrasi yang dijalankan melalui SRC bertujuan untuk meningkatkan daya saing toko kelontong dengan menumbuhkan semangat kewirausahaan kepada pemilik toko kelontong sebagai pelaku UKM, melalui dukungan secara berkelanjutan mulai dari pemberdayaan hingga pembangunan kapabilitas UKM dan juga SRC telah menerapkan sejumlah inovasi guna meningkatkan daya saing di era yang digital ini,” sebutnya.

(David)