Pemkot Jakpus Laksanakan Sensus BMD

BERITA, JAKARTA32 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat.melaksanakan Sensus Barang Milik Daerah (BMD) berupa gedung dan bangunan pada pengguna barang dan kuasa pengguna barang tahun anggaran 2023.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin mengatakan, inventarisasi ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 52 Tahun 2023 tentang Penetapan Inventarisasi Bertahap BMD pada Pengguna Barang

“Dalam sensus kali ini ada 104 peserta dari UKPD yang diundang dan melakukan pendataan dengan mencocokan barang fisik di lapangan dengan administrasi yang ada,” ujarnya, Senin (19/6).

Menurut Iqbal, Sensus BMD juga upaya

memenuhi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) saat menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Pengelolaan Aset Daerah Jakarta Pusat, Faisal Syafruddin menambahkan, pendataan sensus terintegrasi dengan e-inventarisasi. Di wilayah ini, tercatat ada sejumlah Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) yang memiliki lebih dari 100 aset.

Di antaranya seperti Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP), Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan II serta Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat.

“Tahun ini kami fokus pada Bangunan dan Gedung (KIB C),” tandas Faisal.

210