by

Kategori FKTP Terbaik Pertama Diraih Oleh Puskesmas Tiga Panah

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Memasuki satu dekade penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pesertanya. Salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2023 adalah peningkatan kualitas layanan oleh internal dan ekosistem JKN melalui inovasi serta digitalisasi.

“Untuk menjaga kualitas layanan sekaligus kepuasan peserta JKN, kami melakukan evaluasi pemanfaatan aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP). Kegiatan ini merupakan bentuk intensifikasi peningkatkan mutu pelayanan di fasilitas kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Misalnya, menerapkan sistem antrean online menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mengurangi waktu tunggu di fasilitas kesehatan. Di samping juga untuk memantau efektivitas proses pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Rita Masyita Ridwan kepada wartawan.

Aplikasi SIPP memiliki beragam manfaat, di antaranya sebagai sarana untuk mendapatkan informasi maupun penyampaian pengaduan oleh peserta JKN yang sewaktu-waktu dapat dipantau penyelesaiannya. Bagi fasilitas kesehatan, SIPP dapat digunakan untuk meningkatkan akses informasi, termasuk informasi mengenai progres penanganan pengaduan peserta JKN yang ditindaklanjuti secara komprehensif.

Implementasi Aplikasi SIPP mendapatkan respon positif dari pengelola fasilitas kesehatan, salah satunya oleh perwakilan Puskesmas Singa, Ella R. Kemit. Menurut Ella, dirinya terbantu dalam memberikan jawaban atas permintaan informasi maupun penyelesaian suatu permasalahan terkait penyelenggaraan Program JKN dengan memanfaatkan Aplikasi SIPP.

“Pada bulan Desember 2022, seorang peserta JKN mengakses layanan di Puskesmas Singa menggunakan e-KTP. Namun pada saat proses administrasi, ternyata datanya tidak ditemukan. Hal ini kemudian kami entrikan pada Aplikasi SIPP dan segera direspon melalui penjelasan dan solusi penyelesaiannya oleh BPJS Kesehatan. Prosesnya cepat, jadi peserta JKN pun tidak menunggu lama masalahnya diselesaikan,” terang Ella.

Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan dengan pemanfaatan Aplikasi SIPP terbaik tahun 2022. Untuk kategori Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) diraih oleh Puskesmas Tiga Panah sebagai terbaik pertama, Puskesmas Tiga Binanga sebagai terbaik kedua dan Klinik Yoreskitha sebagai terbaik ketiga. Sementara itu, untuk kategori Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) diraih RSUD Sidikalang sebagai terbaik pertama, RSIA Mina sebagai terbaik kedua, RSU Amanda sebagai terbaik ketiga.

(David)