by

Kembali Kunjungi Samosir, Menteri Sandiaga Uno Dorong Ekonomi Kreatif dan Kampanye Sadar Wisata

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terus mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di sektor pariwisata. Hal ini ditegaskan beliau saat meninjau pelaksanaan Pelatihan Ekonomi Kreatif (Ekraft) di Pantai Indah Situngkir, Selasa (20/7).

Beliau juga menjelaskan, pelatihan ini merupakan kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Pemkab Samosir, serta menggandeng komunitas yang ada di Samosir untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat di Desa Situngkir untuk memanfaatkan bahan-bahan dan limbah untuk dijadikan barang seni yang memiliki nilai ekonomi dan membantu perokonomian masyarakat.

Ditempat yang sama, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf dalam memajukan pariwisata di Samosir,  dengan kegiatan ini bupati berharap akan mendorong masyarakat Desa Situngkir untuk menghasilkan kerajinan lokal yang memiliki nilai jual sehingga membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari.

Selepas meninjau Pelatihan Ekraft di Pantai Indah Situngkir, rombongan Menteri Sandiaga Uno bersama Bupati Samosir melanjutkan acara Kampanye Sadar Wisata (KSW) di Desa Ambarita. 

Dalam closing program KSW, Menteri Sandiaga Uno menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk menyentuh 65 desa wisata yang ada di seluruh Indonesia, dan Desa Ambarita menjadi salah satu desa yang terpilih untuk digaungkan menjadi desa sadar wisata.

Beliau menjelaskan, dalam sosialisasi sadar wisata ini menggunakan 3 modul, yaitu Sapta Pesona, Layanan Prima dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability). Selain untuk membantu meningkatkan mata pencaharian masyarakat dan terbukanya peluang usaha baru di sektor pariwisata, sosialisasi ini diharapkan juga dapat memberikan pemahaman sadar wisata dan partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, disamping Desa Ambarita merupakan salah satu pintu gerbang menuju Pulau Samosir.

(Polhut)