Dua Pompa Mobile Trailer Baru Sudin SDA Jaktim

BERITA, JAKARTA20 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Timur, kini memiliki dua pompa mobile trailer baru. Dua pompa yang berkapasitas 1.000 liter per detik itu sudah diujicoba pekan lalu dan berfungsi normal.

Kasi Pembangunan Dan Peningkatan Drainase Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri menjelaskan, dua pompa mobile trailer baru ini ditempatkan di RW 05 Kelurahan Rawa Terate, Cakung dan di RW 16 Komplek Perumahan Cipinang Indah, Cipinang Muara, Jatinegara. Keduanya disiapkan untuk antisipasi terjadinya genangan saat hujan deras di wilayah tersebut.

“Dua unit pompa mobile trailer sudah kita uji coba pekan lalu dan hasilnya sangat bagus. Ini dapat mengatasi genangan saat debit air tinggi dan melimpas ke pemukiman warga,” kata Saugi, Rabu (19/10).

Menurutnya, pompa mobile trailer yang ditempatkan di RW 16 Komplek Cipinang Indah untuk antisipasi luapan saluran penghubung Sulaeman dari Cipinang Melayu, Makasar yang mengalir ke Kali Cipinang melalui Komplek Cipinang Indah. Sedangkan di RW 05 Rawa Terate untuk antisipasi jika debit air di Kali Cakung Lama meluap ke pemukiman warga.

Disebutkan, dua pompa mobile trailer itu masing-masing berkapasitas 1.000 liter per detik. Selain itu juga masing-masing dilengkapi empat lubang pipa pembuangan berdiameter 25 sentimeter. Dua unit pompa itu hasil pengadaan tahun 2022 dengan nilai anggaran Rp 6,2 miliar.

Jmy