Meriahkan Imlek, Ancol Akan Tampilkan Aksi Barongsai Dalam Air

BERITA, JAKARTA524 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Liukkan aksi Barongsai dan Liong dengan iringan tetabuhan suara tambur yang dipukul bertalu-talu diselingi ketukan simbal dan gong, selalu mewarnai perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Me.

Tak sekadar meliuk-liuk, pemain Barongsai dan Liong terkadang menunjukkan atraksi melompat dan berdiri di atas tiang. Aksi ini acap mengundang decak kagum penonton. Mereka pun mengapresiasi aksi Barongsai dan Liong ini dengan memberikan angpau berisi uang ke dalam mulut Singa dan Naga. Aksi seperti ini kerap kita saksikan di ruang terbuka atau arena khusus yang disiapkan penyelenggara.

Lalu bagaimana Barogsai dan Liong jika beraksi di dalam air? Pastinya lebih seru dan menarik. Jika mau tahu bagaimana keseruannya, datang saja ke wahana Sea World di Taman Impian Ancol, Jakarta Utara.

Pada perayaan Imlek 2023 atau 2574 Kongzili, Taman Impian Ancol kembali menampilkan berbagai kegiatan dan atraksi hiburan khas Tionghoa yang dikemas dalam tema ‘Ancol Lunar Festival’, mulai 21, 22, 28 dan 29 Januari 2023.

Salah satu yang ditampilkan dalam Ancol Lunar Festival 2023 ini adalah Barongsai under water di wahana Sea World. Di sini, pengunjung akan disajikan aksi enam penyelam profesional, dua Barongsai dan Liong. Selama 20 menit mereka akan mengisahkan cerita Dewi Bulan dan Tabib Kelinci.

Humas Ancol Taman Impian, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan, selain Barongsai under water di wahana Sea World, pihaknya juga akan menggelar Free Flight Brod Show perdana di Jakarta Bird Land (JBL), Sabtu (21/1).

Dijelaskan Eko, Free Flight Show di JBL ini merupakan konten baru yang akan diluncurkan dan perdana ditampilkan pada pengunjung. Dalam pertunjukan itu sejumlah koleksi burung pemangsa akan melakukan berbagai atraksi bagi pengunjung di theatre JBL.

“Memeriahkan Imlek 2023, Ancol menghadirkan berbagai konten spesial,” kata Eko, Rabu (18/1).

Bukan cuma di Sea World dan JBL, kemeriahan Imlek juga ditampilkan di Ocean Dream Samudra. Di sini, pengunjung akan disuguhkan pertunjukkan Naga yang berkolaborasi dengan Putri Duyung di Underwater Theater. Selain itu akan ada pertunjukkan barongsai di Dolphin Adventures.

Kemudian wahana Atlantis Water Adventures menghadirkan dekorasi khas imlek serta menggelar fun games yang bisa diikuti oleh semua pengunjung. Atlantis juga memiliki seluncuran yang selaras dengan nuansa imlek yaitu Dragon Slide.

Pengunjung juga bisa menikmati sensasi berbeda saat berseluncur di Dragon Race, Skybox dan Crazy Slide. Untuk mengabadikan momen liburan di Atlantis saat Imlek, juga akan disiapkan 360° video booth yang merekam pengunjung satu putaran penuh.

Selanjutnya, pada perayaan Imlek kali ini Dunia Fantasi kembali menghadirkan Tebar Angpao. Pihak Ancol menyiapkan 2.574 angpao untuk dibagikan pada pengunjung Dufan khusus pada 21 dan 23 Januari 2023, pukul 10.00 hingga 16.00.

“Ketentuan untuk mendapat angpao di antaranya foto dan posting di medsos, lalu menunjukkan buktinya kepada petugas yang disiapkan,” jelasnya.

Menurut Eko, Dufan juga akan menampilkan pertunjukkan kolosal yang dikemas dalam tema Kungfu Show di Panggung Indoor Ice Age. Selanjutnya pada tanggal 22 dan 23 Januari, Dufan juga akan hadirkan Parade Akbar Spesial Imlek dengan turut menampilkan Barongsai Tonggak dan Liong pukul 15.00 hingga 15.40 di kawasan Jakarta, Asia, Eropa dan Amerika.

Sedangkan di Pantai Lagoon, pihak Ancol akan menghadirkan Barongsai Meja, Liong dan rampak tambur di area Plaza Lagoon, Symphony of The Sea pada 21 dan 22 Januari mulai pukul 15.30. Setelah itu akan ada pertunjukkan live music yang akan mengisi suasana rekreasi tepi pantai hingga pukul 21.30 WIB.
“Khusus 22 Januari, pengunjung bisa menyaksikan parade akbar yang akan dimulai dari Bundaran Timur Ancol menuju Gong Bende pada pukul 16.00,” tandasnya.

210