by

Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Monitoring Pos Terpadu Operasi Ketupat Toba Tahun 2023

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Hari Pertama Libur Lebaran Idul Fitri 1444 H, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang Monitoring Pos Terpadu Operasi Ketupat Toba Tahun 2023, Rabu (19/04).

Monitoring Pos Terpadu dibagi dalam dua Tim, Tim I Bupati Samosir bersama Kapolres Samosir Yogie Hardiman, Kasdim 0210/TU AS Butarbutar dan mewakili Kajari Kasi Pidsus Fajar Ronal Pasaribu, Asisten I Tunggul Sinaga serta beberapa Pimpinan SKPD antara lain Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Kadis Kesehatan dr. Dina Hutapea, Kadis Budpar Tetti Naibaho, Ka BPBD Sarimpol Simanihuruk dan KasatPol PP diwakili Kabid Linmas Nopen Naibaho.

Adapun tujuan lokasi yang menjadi titik pengecekan dan monitoring kesiapan personil pos terpadu operasi ketupat Tahun 2023 yaitu Pos Terpadu Simpang 4, tempat wisata Pasir Putih Parbaba (Kec. Pangururan), Pos Terpadu Ambarita, Tomok, Simanindo (Kec. Simanindo).

Dalam monitoring tersebut Bupati samosir menghimbau kepada seluruh personil yang bertugas di pos terpadu agar bekerja dengan penuh tanggung jawab dan bekerja semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Samosir.

“Saling berkoordinasi dilapangan, tetap semangat dalam menjalankan tugas, jika fisik tidak memungkinkan untuk bertugas agar segera melapor kepada kepala pos untuk di rotasi penggantinya”, ujar Bupati.

Beliau juga menegaskan kepada para petugas untuk memberikan pelayanan prima dan humanis kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Samosir. “Tetap jaga kesehatan agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan yang berkunjung, pahami kondisi dan situasi lapangan jika terjadi kemacetan harus mampu mengurai agar pengunjung merasa nyaman, senang terhindar dari kemacetan”, pungkasnya.

Untuk lokasi pos di tempat wisata, Bupati menegaskan kepada para petugas untuk selalu mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan dengan selalu siaga terhadap pengunjung yang datang. Bupati juga menyampaikan kepada para pemilik usaha agar selalu berhati-hati dan mematuhi aturan Pemerintah yang sudah ditetapkan untuk menjaga citra wisata Kabupaten Samosir.

Sementara itu, Kapolres Samosir Yogie Hardiman mengungkapkan bahwa pihaknya siap menjaga keamanan tamu maupun wisatawan yang datang dan keluar Samosir dengan menempatkan personil pada 10 titik pos terpadu. Selain itu juga menyiapkan bengkel serta vaksin untuk pengunjung, lebih lanjut disampaikan bahwa Polres Samosir juga telah melakukan pemetaan kerawanan seperti di Tele dan Objek wisata Sibea-bea, dimana pada tahun lalu terjadi lonjakan pengunjung yang mengakibatkan kemacetan, oleh karena itu untuk tahun ini telah diantisipasi dengan rekayasa lalu lintas dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Kapolres juga menambahkan, bahwa dalam menjaga situasi kamtibmas pihak polres Samosir telah menyiapkan rainmas yang siap diterjunkan tergantung situasi atau situasional.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Samosir memberikan suplemen vitamin, makanan dan minuman kepada petugas yang bertugas di Pos Terpadu dan pihak polres samosir juga melakukan test urine narkoba kepada para awak nahkoda untuk menjaga situasi yang kondusif selama libur lebaran.

Selanjutnya Tim II yang dipimpin Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, melakukan Monitoring pada Pos Terpadu Tele, Gotting, (Kec. Harian), Pelabuhan Sipinggan (Kec. Nainggolan) dan Pos terpadu Pelabuhan Onan Runggu. Turut mendampingi, Wakapolres Samosir, Sekdis Kominfo Denri Sihaloho, Sekdis Perhubungan Adven Sitindaon, Sekdis Budpar Hamonangan Tampubolon serta beberapa jajaran Polres Samosir.

Pada setiap pos, petugas terlihat siaga dan menjalankan tugas dengan baik, pantauan dilapangan arus lalu lintas berjalan normal dan terkendali. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Samosir memberikan bantuan/ bingkisan berupa makanan dan minuman kepada masing-masing petugas pos.

Wabup menyampaikan agar petugas pos tetap siaga, apabila terjadi kemacetan dapat mengambil langkah cepat mengurai kemacetan, mengantisipasi segala potensi kejahatan yang menyebabkan kekacauan. Petugas pos diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung.

Khusus untuk lokasi objek wisata, Wabup menekankan perlunya pengaturan parkir, mengatur jalur alternatif agar tidak menimbulkan kemacetan, menjaga kebersihan dengan menempatkan tong sampah.

Wakil Bupati Samosir bersama Wakapolres Samosir juga mengecek kesiapan peralatan medis, Damkar dan penanggulangan bencana.

(Polhut)