by

Dibersihkan Saluran Penghubung Jalan Raya Bekasi

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Saluran Penghubung (Phb) sepanjang 100 meter di Jalan Raya Bekasi, RW 01, Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (17/1), dibersihkan 80 personel gabungan dari unsur PPSU, Satgas Sumber Daya Air, UPK Badan Air, Satgas Pertamanan dan Hutan Kota serta ASN kelurahan.

Sekretaris Kelurahan Rawa Terate, Daniel Wisnu Parulian mengatakan, pembersihan saluran dilakukan karena ketebalan lumpur mencapai 50 sentimeter dan turapnya banyak ditumbuhi tanaman liar. Sehingga kawasan terlihat tak tertata rapih dan terkesan kumuh.

“Saluran dibersihkan karena sudah tertutup sedimentasi, sehingga tidak bisa berfungsi normal,” ujar Daniel.

Dia menjelaskan, dalam giat ini personel gabungan langsung turun ke saluran air yang lebarnya mencapai 3,5 meter dan kedalaman 1,5 meter. Sebagian dari mereka ada yang mengangkut lumpur dan sampah, menoping pohon, serta membersihkan tanaman liar di bantaran dan turap saluran.

Disebutkan, petugas juga menebang batang pohon berdiameter 1,5 meter yang tumbuh melintang di tengah saluran dan mengganggu sistem drainase.

“Pekerjaan dilakukan secara manual dan didukung satu unit mobil dump truck untuk pengangkutan sampah dan lumpur,” jelasnya.

210