by

Layanan BIAN Mobike Dilakukan Puskesmas Kramat Jati

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Untuk mengejar target layanan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menggelar layanan BIAN mobile menggunakan sepeda motor atau Mobike.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan, setiap hari pihaknya mengoperasikan tujuh sepeda motor dengan 14 petugas kesehatan untuk menjangkau ke pemukiman warga yang Balitanya belum diimunisasi di Posyandu.

“Jadi setelah layanan di Posyandu, BIAN Mobike ini keliling menyisir rumah warga yang Balitanya belum diimunisasi,” jelas inda, Kamis (18/8).

Menurutnya, layanan BIAN Mobike menggunakan sepeda motor ini lebih cepat, efektif dan praktis. Karena kendaraan bisa langsung masuk menyusuri gang gang kecil di pemukiman warga. Fokus utamanya adalah menjangkau pemukiman warga yang tidak bisa dilintasi oleh kendaraan roda empat atau ambulans.

“Dengan sepeda motor akan lebih mudah menjangkau wilayah yang crowded dan sempit,” lanjut Inda.

Sebelum turun ke lapangan, jelas Inda, pihaknya melakukan koordinasi dengan pengurus RT, RW dan kader kesehatan yang ada di wilayah setempat.

Disebutkan, capaian imunisasi BIAN di wilayah Kramat Jati saat ini baru mencapai 34,5 persen dari target 21.669 Balita. Karena masih rendah capaiannya maka pihaknya terus melakukan terobosan agar pada akhir Agustus nanti mencapai target 100 persen.

210