Bupati Pakpak Bharat Turut Sambut Kedatangan Presiden RI Joko Widodo Di Humbahas

Berita Pakpak Bharat, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Presiden Republik Indonesia (RI) H. Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke wilayah Sumatera Utara (Sumut) salah satunya ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan sejumlah agenda penting.

Dimana kunjungan Presiden RI tersebut Bupati Pakpak Bharat Nonaktif, Franc Bernhard Tumanggor, juga turut menyambut dan mendampingi kehadiran rombongan Presiden RI, H Joko Widodo di Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan itu pada Rabu (16/10.2024).

Diketahui sampainya di Humbang Hasundutan, Presiden Joko Widodo meresmikan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) serta Pusat Riset Genomik Pertanian, sebuah proyek penting dalam pengembangan inovasi di sektor Pertanian dan herbal di Kabupaten Humbahas.

Presiden menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan di tengah tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. Jokowi juga mengatakan, perubahan iklim sekarang ini semakin nyata dirasakan dan dampaknya tidak hanya berkaitan dengan udara panas, tetapi juga produksi pangan dunia menjadi turun.

“Panasnya berapa bulan, hujannya berapa bulan, sulit sekarang ini diprediksi dan dihitung sehingga menyebabkan produksi pangan di semua negara, hampir turun. Dan ketakutan dunia adalah nantinya terjadi krisis pangan,” kata Presiden dalam sambutannya.

Sementara itu Franc Bernhard Tumanggor sendiri berharap, adanya Pusat Riset Genomik ini bisa membantu Pertanian di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Mungkin dengan penyediaan bibit unggul, membantu penelitian tanah dan sebagainya. Untuk jangka panjangnya akan segera kita persiapkan untuk di daerah kita nantinya,” kata Franc ini.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan.

(H.Manik)