Pj Gubernur Minta ASN Pemkot Jaksel Bantu Sukseskan Keketuaan ASEAN 2023

BERITA, JAKARTA128 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, membuka kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kota di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (16/3). Tercatat ada 2.613 usulan yang dibahas dalam Musrenbang tersebut.

Pembukaan Musrenbang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono. Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi bersama sejumlah anggota DPRD DKI lainnya. Kemudian Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, serta para lurah dan camat dan kepala OPD terkait.

Heru menuturkan, ada beberapa poin yang disampaikan pada jajaran ASN di Pemerintah Kota Jakarta Selatan agar membantu menyukseskan Keketuaan ASEAN tahun 2023. Misalnya, Satpol PP secara humanis menjelaskan pada masyarakat untuk menjaga ketertiban umum, kemudian Sudin Kebersihan menjaga lingkungan agar tetap rapi dan bersih.

“Jadi, tidak boleh ada sampah yang tercecer di wilayah Jakarta Selatan, baik pagi hingga sore hari,” kata Heru.

Sementara, Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin menjelaskan, kegiatan Musrenbang ini tindak lanjut dari usulan warga yang dibahas dalam rembuk RW yang diteruskan ke kelurahan dan kecamatan.

Tercatat dari 574 RW yang melaksanakan rembuk RW, dihasilkan 2.613 usulan, terdiri dari 2.022 usulan fisik, 130 non fisik dan 461 usulan barang.

Setelah dilaksanakan sidang kelompok dan sidang pleno di tingkat kecamatan, ungkap Munjirin, disepakati 1.417 usulan yang diterima. Kemudian 118 usulan akan dikerjakan tahun ini dan 1.077 usulan belum dapat terakomodir sesuai dengan rekomendasi dari tim teknis maupun hasil kesepakatan kelayakan teknis, syarat administrasi, dan urutan prioritas.

Menurutnya, mayoritas usulan kegiatan terkait soal perbaikan saluran, jalan, pencahayaan kota, cermin lalu lintas dan speed bumb. Sedangkan untuk OPD yang paling banyak menerima usulan adalah Sudin Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, Perhubungan, Pemuda dan Olahraga dan Sudin Perumahan.

“Untuk usulan langsung yang disampaikan melalui website e-musrenbang sampai 14 Maret 2023, terdapat 1.359 usulan, sedangkan untuk hasil reses DPRD di Jakarta Selatan sebanyak 1.992 usulan,” ungkap Munjirin.

210