by

Gubernur Anies Ajak Mewujudkan Pemulihan Bangsa Yang Lebih Cepat Dan Bangkit Lebih Kuat

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu pagi (17/8).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara yang mana upacara tersebut turut diikuti oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan Forkopimda DKI Jakarta.

Pada kesempatan ini, Gubernur Anies menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Jakarta, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, para tokoh agama dan masyarakat, pejuang Kemerdekaan dan Veteran, seniman dan Budayawan, Pimpinan Lembaga Sosial Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Rekan-Rekan Media, para pegiat Media Sosial, Aparat Keamanan TNI/POLRI, seluruh Perangkat Daerah, Petugas PPSU, unsur Kecamatan dan Kelurahan, anggota Tim Penggerak PKK, anggota Dasawisma, hingga RT/RW yang tidak pernah berhenti mengabdi untuk Jakarta.

“Terima kasih kepada semua elemen masyarakat. Karena, kemerdekaan Republik Indonesia dinyatakan bukan oleh satu/dua orang atau oleh sekelompok orang yang terdidik, tapi oleh seluruh komponen bangsa. Untuk itu, ketika kita pada hari ini memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa Indonesia. Kita yang saat ini berdiri di tempat ini punya tanggung jawab untuk menuntaskan janji kemerdekaan yaitu melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum serta keadilan untuk semua warga,” ujar Gubernur Anies seperti dikutip dari siaran pers PPID.

Adapun tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Oleh karena itu, Gubernur Anies menjelaskan bahwa selama dua tahun ini, khususnya Jakarta, berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Kalimat ini mengingatkan kita dari peristiwa yang kita hadapi selama dua tahun ini. Kita berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat. Maka dari itu, dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, Pemprov DKI Jakarta konsisten mengedepankan prinsip keadilan untuk warganya, seperti yang tertuang pada tema perayaan tahun ini,” tuturnya.

Gubernur Anies juga mengungkapkan, prinsip keadilan yang diterapkan di Jakarta adalah bagaimana membahagiakan warga secara sistematis dan berkelanjutan. Hal ini mengingat Jakarta selama ini adalah rumah bagi semua kalangan maupun semua suku yang ada di Indonesia dan sebagai barometer nasional.

“Jakarta adalah rumah bagi semua. Karenanya, aspek keadilan, kesetaraan dan pembangunan yang berkelanjutan menjadi perhatian. Melalui penetapan PBB-P2 tahun 2022 ini, kami menunjukkan bahwa instrumen pajak tidak semata sebagai sumber pendapatan, sekaligus sebagai instrumen yang digunakan untuk menghadirkan rasa keadilan untuk warga,” ungkap Gubernur Anies.

Di samping itu, Gubernur Anies juga menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk memulihkan sektor perekonomian, sekaligus memfokuskan perbaikan di seluruh sektor Iainnya. Sehingga, kemerdekaan Republik Indonesia bisa diartikan sebagai momen kebahagiaan bagi seluruh warga, khususnya di Jakarta.

“Sekali lagi, selamat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Marilah kita bulatkan dan satukan tekad untuk bersama-sama mewujudkan pemulihan bangsa yang lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Merdeka!” pungkas Gubernur Anies.

210