by

Fujitsu Mendemonstrasikan Teknologi Serat Optik Dengan Kemampuan Mengirim Data Secepat 1.2 Tbps

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sejalan dengan modernitas teknologi saat ini, koneksi internet juga terlihat semakin cepat dari tahun ke tahun, dengan beberapa lokasi di dunia hadir dengan jaringan secepat 100Gbps dan menawarkan pengguna internet secepat 10Gbps bukan hanya mimpi.

Fujitsu, perusahaan teknologi ternama asal Jepang baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menunjukkan teknologi serat optik baru yang hadir dengan kemampuan mengirim data secepat 1,2Tbps atau data sebanyak enam cakram Blu-Ray 256GB setiap detiknya.

Teknologi baru ini terlihat tidak hanya memungkinkan pengiriman data dengan kecepatan yang sangat cepat, tetapi juga memungkinkan untuk dikirim melalui jarak yang lebih jauh dan dengan konsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah (1,2mW/1Gbps).

Fujitsu mengatakan bahwa teknologi ini diciptakan dengan menggabungkan penggunaan sistem pendingin cair dan sistem kecerdasan buatan untuk memastikan transmisi data lebih merata dan konsumsi energi lebih optimal.

Fujitsu juga mengatakan bahwa transmisi serat optik biasanya tidak dioptimalkan karena pada dasarnya teknologi tersebut sudah dapat memberikan kecepatan transmisi data yang cepat, dan peningkatan dalam hal bahan yang digunakan juga mengatur kecepatan ini secara langsung dan tidak langsung.

Namun dengan menggunakan kecerdasan buatan, Fujitsu berhasil menunjukkan peningkatan kecepatan transmisi data tercepat hingga saat ini, dan tanpa harus menaikkan biaya terlalu banyak.

Mereka berharap teknologi ini akan mulai digunakan lebih luas pada tahun 2023, terutama dengan jaringan 5G yang tersebar di seluruh dunia.

210

Source : Tomhardware