by

28.778 Orang Donorkan Darah Di Jakarta Timur Hingga November 2022

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sejak Januari hingga pertengahan November 2022 , Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timu mencatat ada 28.778 orang yang mendonorkan darahnya. Hal ini terungkap dalam Musyawarah Kerja PMI Jakarta Timur, Rabu (16/11).

Ketua PMI Kota Jakarta Timur, HR Krisdianto mengatakan, jumlah pendonor darah ini berasal dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan pihaknya. Di antaranya sosialisasi dan layanan donor darah 24 jam.

“Ini menambah stok bank darah di markas PMI aman. Warga tidak perlu resah dengan kebutuhan untuk transfusi darah,” katanya.

Pada tahun ini, lanjut Krisdianto, pihaknya juga telah melakukan pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) dan relawan menggunakan aplikasi SIAMO berbasis digital guna membantu memutakhirkan database.

Selain itu, PMI Jaktim juga gencar menggelar pelatihan guna meningkatkan kapasitas pelayanan masyarakat. Seperti pelayanan Ambulans Gawat Darurat dan Ambulan Jenazah, Layanan Posko 24 jam, pelayanan sosial dan logistik bencana serta kegiatan lainnya.

“Kami juga telah menjalankan fungsi TUK (Tempat Uji Kompetensi) dalam upaya peningkatan kapasitas serta sertifikasi bagi SDM. Ini satu-satunya di Jakarta,” ucapnya.

Dia berharap, dengan berbagai kegiatan ini masyarakat dapat merasakan manfaat dari peran dan fungsi PMI.

210