Pelatihan UMKM Bagi Jakpreneur Pulau Pramuka Oleh Pemkab Kepulauan Seribu

BERITA, JAKARTA1 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengadakan kegiatan pelatihan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi 25 pelaku usaha binaan atau Jakpreneur di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Senin (15/8) dan Selasa (16/8).

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan mengatakan, pariwisata memiliki hubungan yang erat dengan UMKM di daerah Kawasan Staretgis Pariwisata Nasional (KSPN). Karena itu, pelaku UMKM dapat memasok kebutuhan terkait dengan pariwisata, mulai dari layanan wisata, kuliner, homestay hingga suvenir.

“Potensi wisata ini sangat erat kaitannya, hubungannya dengan UMKM. Jadi, UMKM akan terbantu sekali dengan bergeraknya sektor pariwisata,” ujarnya, Selasa (16/8).

Dilanjutkan Fadjar, para peserta sebelumnya juga sudah mengikuti pelatihan membuat produk olahan makanan, dan membuat kemasan atau packing yang bagus berbasis kearifan lokal. Peserta pun sudah menguasai materi dan mempraktikkan dengan baik.

“Akan tetapi kami sadar masih terkendala dengan pemasaran. Mudah-mudahan dengan pembinaan ini para Jekpreneur bisa memasarkan produk olahan UMKM dengan maksimal di pasar nasional dan internasional,” katanya.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kepulauan Seribu, Bangun Richard menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan soft skill binaan Jakpreneur.

Selain Pulau Pramuka, kegiatan ini juga akan diselenggarakan di pulau permukiman lain seperti, Pulau Sebira, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Harapan.

“Tujuan pelatihan untuk meningkatakan semangat menjalankan usaha dan mewujdkan UMKM yang tangguh, mandiri serta meningkatkan daya saing menembus pasar nasional,” tandasnya.

Jmy