Jumlah Iklan Dalam Aplikasi Apple Akan Meningkat Dua Kali Lipat

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Apple menentang pelacakan iklan dalam aplikasi melalui fitur ATT yang diperkenalkan tahun lalu. Setelah diperkenalkan itu menyebabkan Facebook mengalami kerugian miliaran dolar. Semua ini dilakukan oleh Apple atas nama ingin meningkatkan privasi pengguna perangkat mereka. Namun menurut laporan Bloomberg hari ini, Apple ingin menggandakan pendapatan iklan mereka sekitar $4 miliar per tahun menjadi dua digit dalam waktu dekat.

Ini akan dilakukan dengan meningkatkan jumlah iklan di aplikasi mereka. Di App Store pengembang dapat membeli slot iklan agar aplikasi ditampilkan lebih menonjol di halaman depan toko. Ketika pencarian aplikasi selesai, pengembang juga dapat menempatkan aplikasi mereka di atas sekali di slot khusus untuk dilihat pengguna.

Saat ini iklan juga ditampilkan di aplikasi Stock dan News meskipun salah satunya adalah langganan berbayar. Iklan nantinya dapat muncul di aplikasi Podcast dan Buku. Tampilan iklan di Maps juga dikabarkan sedang diuji coba. Taktik yang digunakan Apple ini mirip dengan yang sudah dilakukan Google sejak lama.

Pengguna perangkat Apple telah diberi kemampuan untuk memblokir data pribadi mereka agar tidak digunakan untuk tujuan periklanan yang ditargetkan di iOS 15.

Source : Bloomberg

210