Gubsu Dan Bupati Karo Tandatangani Prasasti Diresmikannya Terminal Kabanjahe

Berita Karo.OLNewsindonesia.Selasa(16/02/21)

-/Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan rombongan hadir di Kota Kabanjahe guna peresmian ataupun pengoperasian terminal tipe B Kabanjahe untuk difungsikan, pada Selasa (16/02) 2021 pukul 10.00 WIB di Kabanjahe Kabupaten Karo.

Dalam peresmian tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan keberadaan terminal ini cukup menarik dan bermanfaat, sebab terminal ini sudah tertata rapi, sehingga nyaman digunakan, namun terutama harus dijaga kebersihan.

Ini perlu disikapi, dan menjadi perhatian, jangan sampai terminal modern dan bermartabat ini hilang keunikannya, gara gara tidak dirawat.Atas nama Pemprovsu, hari ini kami nyatakan dan resmikan terminal tipe B Kabanjahe ini resmi beroperasi,”kata Gubsu.

Ket Foto : Bupati Karo Terkelin Berahmana SH MH, saat lakukan penandatanganan Prasasti tanda di resmikan nya terminal Tipe B Kabanjahe, Selasa (16/02) 2021 di Kabanjahe (Ist)
Ket Foto : Bupati Karo Terkelin Berahmana SH MH, saat lakukan penandatanganan Prasasti tanda di resmikan nya terminal Tipe B Kabanjahe, Selasa (16/02) 2021 di Kabanjahe (Ist)

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH dalam sambutannya sangat bangga dengan selesainya pembangunan terminal tipe B Kabanjahe. Hal ini semua telah sesuai dan merujuk kepada peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 132 Tahun 2015.

Regulasi ini meng-amanahkan penyelanggaraan terminal penumpang angkutan jalan,dimana terminal adalah pangkalan kendaraan bermotor umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan menurunkan orang dan atau barang serta perpindahan Moda angkutan,”paparnya.

Teranyar, ditambah undang undang Pemda 23 tahun 2014 bahwa kewenangan pengelolaan terminal AKDP terbagi dalam tiga (3) tipe terminal, yaitu terminal tipe A, terminal tipe B dan terminal tipe C.

Sedangkan untuk tipe B pengelolaannya berdasarkan aturan harus beralih ke Pemprovsu. sehingga proses pembangunan dapat diwujudkan pada tahun 2020, padahal dahulunya pembangunan terminal Kabanjahe dibangun tahun 1980 oleh Pemkab Karo dan saat itu berstatus tipe C,” jelasnya.

Lebih lanjut, Terkelin mengatakan ada rentang waktu 40 tahun untuk direvitalisasi kembali menjadi terminal percontohan dengan segala fasilitas yang ada, tentu faktor yang diperhatikan perawatan dan faktor bidang keamanan dan kebersihannya,sehingga nyaman bagi masyarakat.

Untuk itu, atas nama Pemkab Karo kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan sebesar besarnya kepada Pemprovsu yang telah membangun terminal percontohan tipe B Kabanjahe yang akan menjadi salah satu Ikon, pintu masuk Kaldera Toba dan pintu gerbang KSPN bagi Kab.Karo,”jelasnya.

Di penghujung acara, Gubsu Edy Rahmayadi bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH lakukan penandatangan Prasasti tanda resmi di operasikan nya terminal itu yang oleh wakil Bupati Karo, Cory Sriwaty Br Sebayang, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Sik Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Dirut Bank Sumut Budi utomo, Ketua PKK Provsu Ny. Nawal Edi Rahmayadi, Ketua TP PKK. Kab.Karo Ny. Terkelin Brahmana.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *