Satlantas Polres Karo Sosialisasikan Ops Keselamatan Toba 2024 Melalui Media Radio

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam rangka Ops Keselamatan Toba 2024, yang bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Karo, Polres Tanah Karo melalui Satuan Lalu Lintas, melaksanakan kegiatan sosialisasi Ops untuk memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat.

Upaya sosialisasi yang dilaksanakan salah satunya menggunakan sarana Siaran Radio wilayah Kabupaten Karo. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Kamis (14/03.2024) sekira pukul 11.00 WIB, di Radio Publik Karo (Ersena) jalan Pahlawan Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Dipimpin KBO Sat Lantas Iptu Taruli Silalahi, S.H, yang didampingi Kanit Laka Iptu Tina Nainggolan bersama Kanit Kamsel Ipda Feri Sigalingging, S.H, memberikan imbauan imbauan terkait keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Dalam kegiatan tersebut Taruli, menyampaikan bahwa dalam operasi keselamatan ini akan dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, terhitung tanggal 13 sampai 26 Maret 2024.

“Fokus operasi ini adalah masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi, lokasi atau ruas jalan yang rawan kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas”, katanya.

Adapun yang menjadi sasaran dalam operasi ini, disampaikanya, yakni melaksanakan tindakan terhadap 10 jenis pelanggaran lalu lintas yaitu tidak gunakan helm SNI, lawan arus, gunakan HP saat berkendara, Mengemudikan Ranmor dalam pengaruh alkohol, Pengemudi di bawah umur, Boncengan lebih dari 1 orang, Knalpot tidak sesuai spektek, Terobos Traffic light, melanggalar Marka dan Lalu Lintas serta Odol (Overload).

“Selain melengkapi surat surat kendaraan baik SIM dan STNK, untuk tetap gunakan alat dukung berekendara sesuai SNI seperti helm SNI, Knalpot SNI dan sabuk pengaman”, kata Taruli.

Ditambahkanya, melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat menjadi lebih paham, akan pentingnya pengetahuan dan ketaatan dalam berlalu lintas, kata Taruli menjelaskan.

Terpisah, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu hati hati dan waspada serta patuh terhadap aturan lalu lintas. Jangan melakukan pelanggaran, karena pelanggaran adalah awal terjadinya kecelakaan.

“Kita berharap selama Ops bahkan setelah selesai Ops dan seterusnya, masyarakat dapat selalu mentaati aturan berlalu lintas dan senantiasa mengutamakan keselamatan dijalan raya, sehingga Laka Lantas dapat kita tekan atau minimalisir sehingga Kamseltibcarlantas dapat terwujud”, kata Kapolres ini.

Ops Keselamatan Toba tahun ini juga bertujuan untuk mampu mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi, yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya saat ini sudah memasuki bulan ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Bersama kita wujudkan Sitkamtibmas baik itu Lalu Lintas dan bahkan Kamtibmas di wilayah masing masing, mengingat saat ini sudah memasuki bulan Suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri”, pesan Kapolres.

(David-Boni)