by

Kisah Sukses Perajin Miniatur Ondel-Ondel Bergabung Jadi Jakpreneur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bergabung sebagai binaan (Jakpreneur) Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat mendatangkan berkah tersendiri bagi Agus Sobirin (38), perajin miniatur Ondel-ondel.

Sejak menjadi Jakpreneur pada 2022 lalu, usaha kerajinan Ondel-ondel yang ditekuni warga Jalan Kawi Bawah, RT 09/08, Johar Baru, Jakarta Pusat ini tumbuh pesat.

Sobirin mengaku mendapat banyak ilmu teknik menjahit dan membuat pola topi serta tas menggunakan kain perca saat mengikuti pelatihan selama lima hari pada tahun lalu.

“Saya menjadi binaan sejak 2022 dan ikut pelatihan menjahit. Setelah itu, saya jadi semakin berkembang menjahit baju Ondel-ondel dengan berbagai macam model. Lalu saya dapat ilmu tambahan membuat topi dan tas,” katanya, Selasa (14/2).

Selain dibekali pelatihan, Sobirin juga kerap mendapatkan kesempatan mempromosikan produknya dalam kegiatan bazar yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat.

“Karena sering ikut bazar, produk saya jadi makin dikenal masyarakat luas. Bahkan, banyak yang akhirnya jadi reseller saya,” tuturnya.

Berkat bantuan promosi tersebut, omzet penjualan Ondel-ondel milik Sobirin meroket hingga mencapai Rp 30 juta. Sebelumnya, omzet yang didapat tidak pernah menembus angka puluhan juta karena minimnya ilmu pemasaran.

“Saya sebelumnya hanya menjual dalam bentuk grosir mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 22 ribu per item,” akunya.

Saat ini Sobirin bisa menitipkan produknya ke Dinas Nakertransgi DKI Jakarta hingga usaha kerajinan Ondel-ondelnya miliknya memiliki banyak reseller.

“Jadi sekarang saya fokus menjual produk ke reseller saja. Alhamdulillah, anak buah saya sekarang sudah 12 orang,” terangnya.

Ke depan, Sobirin berencana tidak hanya membuat kerajinan miniatur Ondel-ondel, tapi gantungan ID Card, dompet dan topi agar usahanya bisa semakin berkembang.

“Pelatihan ini sangat penting dan berguna untuk usaha kita. Saya ajak warga lainnya manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini,” tandasnya.

210