by

Sudah Dipangkas 5.844 Pohon Di Jakarta Pusat

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) Jakarta Pusat terus melakukan monitoring dan pemangkasan pohon untuk mengantisipasi pohon tumbang maupun sempal. Tercatat, sebanyak 5.844 pohon yang tersebar di delapan kecamatan di Jakarta Pusat telah dipangkas selama periode Januari hingga pekan kedua November 2022.

Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila A mengatakan, pihaknya rutin melakukan pemangkasan pohon yang tersebar di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat.

“Pemangkasan dilakukan menindaklanjuti pengaduan warga maupun hasil pemantauan petugas di lapangan,” ujar Mila A, Senin (14/11).

Ia menjelaskan, sebanyak 5.844 pohon telah dipangkas selama Januari hingga pekan kedua November 2022. Ribuan pohon yang dipangkas di antaranya sebanyak 1.670 dipangkas dengan kategori ringan, 3.080 dengan kategori sedang, 977 dengan kategori berat dan 117 lainnya ditebang.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk mengecek kondisi pohon yang rawan tumbang.

“Pohon rawan tumbang disebabkan keropos batang dapat dideteksi sedini mungkin menggunakan alat pendeteksi arbosonik yang dimiliki Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta,” ungkapnya.

Ditambahkan Mila, pemangkasan pohon dilakukan terhadap pohon yang sudah rimbun serta usia tua. Sedangkan untuk penebangan pohon dilakukan terhadap pohon mati, keropos dan terdampak pekerjaan infrastruktur untuk kepentingan umum.

“Kekuatan pohon itu berada di akar. Bila atasnya terlalu rimbun dan ada angin kencang akan berpotensi besar tumbang. Pohon yang rawan tumbang banyak di wilayah Cempaka Putih, Menteng dan Gambir,” tandasnya.

210