by

Gerak Cepat Imunisasi Balita Di Jakarta Di Apresiasi Unicef

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil melakukan gerak cepat memastikan anak balita di Jakarta menerima imunisasi tambahan campak rubella selama berlangsungnya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melakukan percepatan pemberian imunisasi balita walaupun sempat tertinggal pada pertengahan Agustus yang baru sekitar 16 persen, menjadi 97,7 persen sasaran tercapai di akhir bulan Agustus.

“Selama berlangsung BIAN 2022, sejak awal Agustus hingga nanti akhir September, Pemprov DKI Jakarta memastikan layanan imunisasi tambahan dibuka 24 jam. Upaya ini dilakukan untuk menjangkau para orang tua yang bekerja pagi hari, sehingga tetap bisa mengantarkan anak diimunisasi setelah pulang bekerja,” ujar Widyastuti, Rabu (14/9).

Dikatakan Widyastuti, Pemprov DKI Jakarta juga konsisten mengadopsi pendekatan yang dilakukan selama pemberian vaksinasi COVID-19.

“Layanan imunisasi balita juga digelar di ruang publik di antaranya RPTRA dan mal,” tuturnya.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwartir Daerah Pramuka DKI Jakarta, Ratiyono memaparkan, sebanyak 300 Saka Bakti Husada diperbantukan dengan merata dan proporsional di puskemas se-Jakarta.

“Mereka membantu melakukan dari rumah ke rumah mengedukasi warga akan pentingnya imunisasi, dan menggerakan sasaran mendatangi pelayanan imunisasi,” paparnya.

Dukungan juga mengalir dari Dewan Mesjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta. Ketua PW DMI DKI Jakarta, Ma’mun Al Ayyubi mengungkapkan, pihaknya secara konsisten melakukan edukasi pentingnya imunisasi dan lokasi layanan imunisasi terdekat melalui pendekatan ‘toa mesjid’ selama pelaksanaan BIAN 2022.

Sementara menurut Pengampu Program Kesehatan untuk UNICEF Wilayah Jawa, Armunanto, konsistensi dan percepatan peningkatan cakupan imunisasi di Jakarta terlihat sejak tanggal 13 Agustus saat berhasil mengimunisasi 85.925 sasaran anak usia 09 – 59 bulan dalam sehari.

“Momentum ini terus dijaga oleh Pemprov DKI Jakarta sehingga dapat melebihi target harian, bahkan memimpin secara nasional,” tuturnya.

Ia menambahkan, UNICEF mengapresiasi serta bangga atas keberhasilan Pemprov DKI Jakarta yang telah berkolaborasi dengan semua pihak untuk memastikan semua anak diimunisasi, tanpa terkecuali.

“Konsistensi dan dukungan semua pihak, UNICEF optimistis Pemprov DKI Jakarta tercapai 100 persen cakupan imunisasi tambahan dan melengkapi status imunisasi lainnya pada akhir bulan September 2022,” tandasnya.

210