by

RSU Kabanjahe Dan Amanda Raih Penghargaan FKRTL Dari BPJS Kesehatan

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) terpilih, Rabu kemarin (09/11.2022).

Adapun FKRTL yang mendapatkan penghargaan tahun 2022 di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe untuk kategori FKRTL paling berkomitmen adalah RSUD Kabanjahe. Pada kriteria implementasi antrean online, RSUD Kabanjahe sebagai juara pertama, RSU Amanda sebagai juara kedua, dan RSIA Mina Husada sebagai juara ketiga. Di samping itu, FKRTL yang mendapat penghargaan pada lomba video bertema Layanan Tanpa Diskriminasi yaitu RSU Amanda sebagai juara pertama, RSIA Mina Husada sebagai juara kedua, dan RSUD Sidikalang sebagai juara ketiga.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Rita Masyita Ridwan mengungkapkan kepada Media bahwa, ada sejumlah indikator yang dipertimbangkan dalam penilaian, di antaranya FKRTL tersebut telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sekurangnya dalam satu tahun, komitmen implementasi pemutakhiran display tempat tidur, atau display tindakan operasi, sistem antrean rumah sakit terhubung Aplikasi Mobile JKN, serta kemudahan akses layanan di FKRTL berupa penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas peserta.

“Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi yang diberikan oleh FKRTL untuk melayani peserta JKN, seperti dengan memastikan kemudahan akses layanan di rumah sakit. Kami berharap agar penghargaan ini menjadi semangat bagi seluruh FKRTL untuk terus berinovasi dan mendukung program-program BPJS Kesehatan demi optimalisasi penyelengaraan Program JKN,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rita juga menjelaskan mengenai inovasi BPJS Kesehatan bernama DIPRAKTISKAN. Inovasi tersebut diimplementasikan di seluruh FKRTL untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN yang terdaftar dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) sehingga bisa lebih mudah memperoleh obat langsung melalui farmasi rumah sakit pada bulan kedua dan ketiga. Dengan demikian, mereka tidak perlu mengantre lagi di poliklinik hanya untuk mendapatkan obat.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Kabanjahe, Johannes Sitepu menyambut baik adanya apresiasi kepada rumah sakit selaku mitra BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN, dirinya juga berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan terbaik dan melaksanakan berbagai kemudahan layanan bagi peserta sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap agar kegiatan pemberian penghargaan seperti ini dapat dilaksanakan secara reguler dan menjadi agenda rutin setiap tahun. Selain sebagai ajang pemantauan dan eveluasi, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mendorong serta memacu manajemen rumah sakit untuk mencapai target dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN,” terang Johannes. 

(David)