by

Semangat Gotong Royong Di Jakarta Diminta Harus Terus Dijaga

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dailami Firdaus, mengajak warga Jakarta untuk terus merawat dan meningkatkan semangat gotong royong.

Dailami mengatakan, kemajuan Jakarta seiring arus globalisasi hendaknya jangan sampai melunturkan semangat gotong royong sebagai kearifan lokal yang sangat baik.

“Gotong royong ini memiliki arti luas, tidak sekadar terkait kerja bakti. Tapi, juga untuk membantu sesama yang membutuhkan bantuan,” ujarnya, Sabtu (12/11).

Dailami menjelaskan, melalui gotong royong akan ada interaksi dan kepedulian sosial. Memecahkan persoalan atau masalah bisa dilakukan dengan semangat persatuan dan kebersamaan.

“Kalau sudah merasa dekat, merasa sebagai saudara tentu tidak ada rasa sungkan meminta bantuan. Begitupula yang bisa membantu, sangat mungkin memberikan bantuan tanpa perlu diminta,” terangnya.

Menurut senator dari Dapil DKI Jakarta ini, kejadian meninggalnya empat warga di Perumahan Citra Garden I, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat menjadi pelajaran berharga bagi semua.

“Pasti ada hikmah yang bisa dipetik, jangan saling menyalahkan. Tapi, bagaimana kita melakukan introspeksi dan evaluasi kolektif agar kejadian serupa tidak terulang,” bebernya.

Ia menambahkan, kebersamaan mereka yang tinggal di perumahan harus tetap terjaga sebagaimana warga yang tinggal di kampung-kampung di Jakarta.

“Jangan ada ego, tidak mau mengenal satu dengan yang lainnya. Apalagi karena merasa punya segalanya. Perkuat silaturahmi, terutama dengan tetangga terdekat,” tandasnya.

210