by

Rampung Pekan Ini Crossing Saluran Di Jalan Vikamas Kapuk Muara

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara tengah melakukan pembuatan crossing saluran di Jalan Vikamas Raya, RT 06/03, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan. Hingga kini pengerjaannya sudah mencapai 98 persen.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Penjaringan, Pendi menuturkan, pembuatan crossing dilakukan menindaklanjuti informasi dari kelurahan yang menyampaikan di sekitar lokasi kerap terjadi genangan saat hujan deras. Karenanya, pembangunan crossing dilakukan sebagai upaya mempercepat aliran dari saluran menuju embung Kapuk Muara.

“Kita coba buat crossing menghubungkan ke saluran yang langsung terkoneksi ke embung. Jadi air lebih cepat dialirkan dan tidak sampai meluap,” ujar Pendi, Senin (12/12).

Dikatakan Pendi, meski genangan yang muncul tak sampai setinggi 10 sentimeter, namun kondisi demikian dirasakan cukup mengganggu warga. Pihaknya, mulai melakukan pengerjaan sejak Senin (5/12).

Ditambahkan Pendi, crossing yang dibangun memiliki panjang 9 meter dengan lebar 70 sentimeter dan tinggi 60 sentimeter. Setiap hari dikerahkan sebanyak delapan personel untuk melakukan pengerjaan.

“Saat ini progres pengerjaan sudah 98 persen dan ditargetkan pekan ini rampung,” tambahnya.

Warga RT 06/03 Kapuk Muara, Ramali Sungkono mengapresiasi pembuatan crossing tersebut. Ia berharap, keberadaan crossing akan mengentaskan genangan di kawasan permukiman warga.

“Kalau sudah jadi, aliran saluran dari permukiman langsung nyambung ke embung. Semoga tidak aga genangan lagi,” tandasnya.

210