Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Peralatan Dalmas dan PHH di Polda Sulut

Berita Manado, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

MANADO, Humas Polda Sulut – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri diketuai Sekretaris Puslitbang Polri Kombes Pol F.X. Surya Kumara dan Kombes Pol Sahrial M. Said, mengadakan kegiatan penelitian dan supervisi di Polda Sulawesi Utara (Sulut), Senin (13/6/2022).

Penelitian kali ini tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Polda Sulut.

Rangkaian kegiatan penelitian dan supervisi di Polda Sulut diawali dengan pembukaan sekaligus arahan Ketua Tim di Ruang Tribrata Mapolda, Senin pagi. Dirangkaikan pemutaran video company profile Puslitbang Polri.

Sementara itu Ketua Tim Supervisi Penelitian Puslitbang Polri mengatakan, kegiatan ini dilakukan di 10 dari 34 Polda jajaran se-Indonesia.

“Penelitian dan supervisi salah satunya dilakukan di Polda Sulut dan jajaran. Jadi dalam rangka menjelang pengamanan Pemilu 2024, Puslitbang mengadakan penelitian dan supervisi peralatan khususnya Dalmas dan PHH Polri di jajaran. Untuk mengetahui apakah peralatan-peralatan tersebut siap digunakan dalam pengamanan Pemilu 2024 mendatang,” ujar Kombes Pol Surya Kumara.

Lanjutnya, penelitian dan supervisi ini termasuk untuk mengetahui kondisi peralatan-peralatan yang sudah didistribusikan sebelumnya.

“Juga melihat kondisi terkini peralatan-peralatan yang pernah didistribusikan, apakah masih bagus atau sudah rusak, kemudian apakah juga dipakai sekaligus dirawat dengan baik dan benar,” jelas Kombes Pol Surya Kumara.

Kombes Pol Surya Kumara menambahkan, jika ditemukan peralatan yang sudah rusak maka hal ini akan menjadi bahan analisa dan evaluasi.

“Sekaligus menjadi masukan, terutama di bagian pengadaan barang dan jasa. Nanti dianalisa dan dievaluasi, bagaimana dulu pengujian peralatan tersebut, jangan sampai peralatan yang diuji coba bagus dan yang dipakai tidak bagus,” pungkas Kombes Pol Surya Kumara.

Usai pembukaan dilanjutkan penelitian mengenai peralatan Dalmas Direktorat Samapta Polda Sulut. Metode yang digunakan berupa pendalaman materi melalui pengisian kuisioner secara online oleh personel Direktorat Samapta sebagai responden. Setelah itu, Tim Puslitbang Polri mengecek langsung peralatan Dalmas di Mako Direktorat Samapta Polda Sulut.

Informasi diperoleh, penelitian dan supervisi serupa akan berlangsung hingga Rabu (15/6), dengan obyek penelitian lainnya adalah Satbrimob Polda Sulut dan empat Polres/ta jajaran yakni, Polres Bitung, Polres Minahasa Utara, Polres Tomohon, dan Polresta Manado.

Relhupolsulut