by

Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Konkret ASEAN-Kanada

Berita Phnom Penh, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan kemitraan ASEAN-Kanada menjadi Kemitraan Strategis dengan menghadirkan lebih banyak kerja sama konkret. Hal tersebut disampaikannya saat berbicara pada KTT Peringatan ASEAN-Kanada di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022).

“Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat dijadikan salah satu kick-off project antara ASEAN dan Kanada,” ucap Presiden Jokowi dalam KTT yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Menurut Presiden Jokowi, isu keamanan di kawasan Indo-Pasifik tentu sangat penting, namun isu ekonomi dan pembangunan tidaklah kalah penting.

“Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerja sama yaitu konektivitas, maritim, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. Kanada dapat secara konkret menjadi mitra ASEAN dalam pelaksanaan AOIP,” ungkapnya.

Tahun depan, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan Indonesia akan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum. “Indonesia mengundang Kanada berpartisipasi dalam forum tersebut,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menyampaikan, ditengah dunia yang sedang tidak kondusif ini, justru menjadi lebih penting untuk mengisinya dengan kerja sama konkret yang saling menguntungkan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Peringatan ASEAN-Kanada yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

210