Alfamart Ajak Warga Desa Situsari Budidaya Tanaman Anggur Lewat Pelatihan

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Alfamart berikan pelatihan budidaya tanaman anggur yang baik dan benar, mulai dari pemilihan bibit, proses tanam, perawatan, hingga proses panen kepada puluhan warga di Komplek Permata Puri Harmoni 1, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sabtu (8/6) .

Pelatihan ini merupakan bentuk kegiatan sosial Alfamart di bidang sosial dan ekonomi hijau dengan memberikan bekal pelatihan materi dan praktik langsung kepada warga untuk mengembangkan potensi budidaya anggur di pekarangan rumah masing-masing.

Alfamart menggandeng Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia untuk memberikan pemahaman dan tata cara budidaya anggur yang baik untuk para warga. Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cileungsi, dan Forum Kampung Ramah Lingkungan (FKRL) Kabupaten Bogor, Alfamart berharap pelatihan ini dapat memberikan bekal dan bisa menambah pemasukan penghasilan nantinya bagi para warga.

“Kita berharap, pelatihan ini dapat memberikan dampak positif untuk warga di sini. Pelatihan yang diberikan mulai dari proses tanam, perawatan, hingga panen. Semoga para warga yang ikut pada pelatihan ini bisa mempraktikkan langsung ilmu yang didapat,” ujar Putut Desy Susilo, Branch Manager Alfamart Cileungsi.

Masih kata Putut, Alfamart berharap nantinya warga bisa mendapat tambahan penghasilan dari proses budidaya tanaman anggur yang telah dijalani.

“Semoga, pelatihan ini dapat memberi manfaat lebih untuk warga disini. Menjadi sirkular ekonomi yang berkelanjutan dengan mengembangkan dengan serius budidaya tanaman anggur ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ismail pemateri dalam pelatihan ini menyampaikan kepada warga tips dan cara agar tanaman anggur dapat subur tumbuh di media tanam yang digunakan.

“Merawat tanaman anggur ini memang perlu perhatian khusus, mulai dari pemilihan media tanam, perawatan, hingga pemberian pupuk organik yang dapat diberikan agar menghasilkan buah yang bagus saat dipanen. Terlebih tanaman anggur ini bisa berbuah satu kali dalam tiga bulan jika terawat dengan baik,” tuturnya disela pemaparan materi.

Yusuf, salah satu peserta pelatihan yang juga Ketua Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Permata Puri menyampaikan terima kasihnya kepada Alfamart yang sudah mengadakan pelatihan budidaya tanaman anggur di wilayahnya.

“Warga sangat antusias mengikuti pelatihan ini, edukasi pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk kita praktikkan di rumah, terima kasih Alfamart,” tutupnya.

Deni