Kue Pandan dan Buah Cempedak Jadi Motif Batik Khas Kecamatan Cileungsi

Berita Cileungsi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat launching Batik khas Cileungsi yang bertemakan Wonderful Batik, bertempat di Metropolitan Mall Cibubur. Pada Kamis 12 Oktober 2023.

“Ide adanya pembuatan batik khas Cileungsi awalnya dari keinginan Bapak Camat ingin memiliki batik khas Kecamatan Cileungsi. Nah akhirnya saya ditantang oleh Bapak, kemudian saya mencari-cari ke khasan Cileungsi, salah satunya kue Pandan, kue Pandan itu kan sekarang sulit di dapat terus hanya beberapa orang yang bisa membuat kue Pandan yang enak. Dari situ tercetuslah biar kue pandan itu tidak hilang dari Kecamatan Cileungsi, akhirnya kue Pandan itu kita tuangkan jadi motif batik khas Kecamatan Cileungsi, serta buah Cempedak yang juga banyak kita temui pohon nya di wilayah Kecamatan Cileungsi,” ungkap Ketua TP. PKK Kecamatan Cileungsi, Hesty Adhi Nugraha pada olnewsindonesia.com seusai acara launching batik khas Cileungsi.

Lalu kemudian Hesty Adhi Nugraha menjelaskan bahwa, batik khas Cileungsi sekarang itu banyak di minati oleh masyarakat khusus nya Kecamatan Cileungsi maupun luar kecamatan Cileungsi.

“Kalo dulu itu saya buat bukan untuk umum, hanya untuk di pemerintahan saja di Kecamatan Cileungsi, guru dan Kepala Sekolah saja. Kesini nya ternyata banyak yang menginginkan batik tersebut akhirnya dijual dan dibuatlah warna lainnya untuk masyarakat, karena warna navy ini hanya untuk Kecamatan Cileungsi, untuk warna navy ini tidak bisa di jual untuk umum,” jelas Hesty Adhi Nugraha.

Dalam kesempatan tersebut, Hesty Adhi Nugraha membeberkan, bahwa batik khas Cileungsi sudah bisa di pasarkan dan dipesan untuk masyarakat warga kecamatan Cileungsi dan sekitarnya.

“Untuk masyarakat Cileungsi yang mau memesan sudah bisa sekarang, silahkan datang ke TP. PKK Kecamatan Cileungsi,” imbuh Hesty Adhi Nugraha.

Sementara itu, ketua TP. PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan Yang hadir dalam acara launching Batik khas Cileungsi mengungkapkan apresiasinya dengan adanya karya pembuatan batik di Kecamatan Cileungsi.

“Saya sangat apresiasi kepada ketua pembina PKK kecamatan Cileungsi, mengembangkan potensi yang ada di wilayah Cileungsi. Batik ini adalah salah satu warisan yang harus kita lestarikan. Mungkin itu, dan terimakasih untuk Metropolitan Mall yang sudah memfasilitasi launching batik khas Cileungsi.” Ucap Halimatu Sadiyah Iwan.

Halimatu Sadiyah Iwan juga berharap seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor mampu dan bisa mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Harapan saya tidak hanya di Kecamatan Cileungsi ya, tapi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor juga bisa mengembangkan potensi-potensi di wilayah masing-masing, karena saya yakin Kabupaten Bogor kaya akan potensi terutama batik untuk dikembangkan lebih luas lagi” pungkas Halimatu Sadiyah Iwan.

(Deni)